Memasak Pangsit Udang Sehat ala Chef Arnold Poernomo

Masyaril Ahmad, CNN Indonesia | Rabu, 26/08/2015 16:29 WIB
Memasak Pangsit Udang Sehat ala Chef Arnold Poernomo Ilustrasi pangsit (YashilG/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wonton atau pangsit merupakan makanan khas China yang kini sudah membudaya di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Makanan lintas budaya yang sudah banyak dikenal orang ini kini bisa kita kreasikan dengan berbagai macam filling atau isi seperti ayam, sayuran atau udang.

Chef Arnold Poernomo pun membagikan tips memasak wonton dengan isian udang untuk Anda yang ingin mencobanya di rumah. Udang dipilih karena mempunyai banyak gizi dan menyehatkan tubuh.

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah kulit pangsit. Kulit pangsit bisa Anda buat sendiri, tapi jika ingin lebih mudah Anda dapat membeli kulit pangsit siap pakai di toko.


Bahan untuk isian:
Udang
Garam
Bawang putih
Telur
Minyak wijen.

Cara membuat:

1. Untuk isian, masukkan udang, bawang putih, garam, dan telur ke dalam blender. Beri sedikit minyak wijen untuk menambah rasa.

2. Jika sudah mengental, pindahkan adonan dari blender ke mangkuk kosong agar mempermudah proses pengambilan. Kemudian ambil kulit pangsit yang sudah disiapkan.

3. Yang perlu diingat, kulit pangsit sangat sensitif terhadap suhu. Jadi Anda harus tetap menyimpannya di dalam suhu yang dingin.

4. Mulailah berkreasi dengan kulit pangsit dan isian udang sesuai selera. Anda bisa membentuknya menjadi segitiga, pita, atau bentuk lainnya.

5. Masukkan isian udang ke tengah kulit pangsit secukupnya, kemudian lipat. Di dalam kulit pangsit akan ada udara, Anda bisa tekan dan bentuk sesuai selera.

6. Oleskan putih telur atau air pada setiap sudut yang akan dilipat, agar kulit pangsit menempel dan dapat membungkus isiannya dengan baik.

7. Tunggu sekitar 1-1,5 jam untuk memastikan kulit pangsit merekat dengan baik.

8. Setelah itu, Anda bisa langsung merebusnya selama kurang lebih 2 menit dari mulai air mendidih. Selamat mencoba!



(mer)