Puaskan Pelanggan Malas, Hotel New York Manfaatkan Emoji

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 26/11/2015 14:51 WIB
Puaskan Pelanggan Malas, Hotel New York Manfaatkan Emoji ilustrasi emoji (Josh Valcarcel/WIRED)
Jakarta, CNN Indonesia -- Emoji sekarang ini digunakan sebagai alat komunikasi modern. Ikon yang identik dengan warna kuning cerah dan lucu ini memang tengah tren di kalangan masyarakat, khususnya anak muda.

Namun kemudahan ini ternyata tak hanya digunakan oleh anak muda. Bahasa 'gaul' ini digunakan oleh hotel untuk mempermudah pengunjungnya berkomunikasi dengan mereka.

Mengutip Metro, jika Anda berada di Hotel Aloft, New York, dan tak ingin terganggu karena harus menelepon operator untuk layanan kamar, Anda bisa mengirimkan pesan berupa emoji kepada operator.


"Orang-orang sekarang sudah bicara satu sama lain dengan menggunakan emoji. Jadi kami pikir jika ini memang cara mereka bicara maka mengapa kami tidak bicara dengan bahasa yang sama?" kata Paige Francis, vice president global marketing Starwood Hotel, grup dari Aloft Hotel.

Program ini disebut TiGi atau Text it Get it. Di setiap kamar hotel dilengkapi dengan kode-kode emoji, yang berisi kode charger ponsel sampai kode untuk meminta obat mabuk.

Sebagai contoh ketika meminta obat mabuk kepada operator, Anda bisa mengirim emoji dengan gambar tetesan air ditambah obat dan buah pisang.

Jika ingin meminta tambahan peralatan mandi , Anda bisa mengetik emoji orang sedang mandi di bathtub, perempuan yang sedang di pijat kepala dan pancuran air.

(chs/les)