'Kemenangan Ini untuk Indonesia'

Silvia Galikano, CNN Indonesia | Minggu, 20/12/2015 18:40 WIB
'Kemenangan Ini untuk Indonesia' Maria Harfanti. (CNNIndonesia Free Watermark/ Dok. Miss Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- “Kemenangan ini saya persembahkan untuk Indonesia,” demikian pernyataan resmi Miss Indonesia Maria Harfanti yang meraih juara ke-3 ajang Miss World 2015.

Pernyataan tersebut disampaikan melalui manajemennya, Star Media Nusantara, Minggu (20/12).

Miss World 2015 diselenggarakan di Sanya, Tiongkok pada pada Sabtu malam (19/12). Mahkota Miss World diberikan kepada Miss Spanyol Mireia Lalaguna Royo, sedangkan Miss Rusia Sofia Nikitchuk berada di posisi ke-2.


“Saya tentunya sangat bersyukur. Tuhan sudah menyertai dan membimbing langkah saya di Karantina Miss World 2015 sampai akhirnya bisa mencapai 3 besar yang merupakan prestasi tertinggi untuk Indonesia.”

Maria menyebut dukungan keluarga dan teman-teman menjadi sangat berarti. Mereka selalu ada sejak dia terpilih menjadi Miss Indonesia pada Februari 2015, mempersiapkan diri untuk Miss World, hingga saat ini bisa menorehkan prestasi.

Selain menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang telah banyak mendukung, Maria mengungkapkan harapannya bisa terus menginspirasi generasi muda untuk menjadi lebih baik dan mengharumkan nama bangsa.
 
Dara kelahiran 20 Januari 1992 ini berlatar belakang model dan penyanyi.  Setamat sarjana di Universitas Trisakti, Maria melanjutkan kuliah pascasarjana di Universitas Indonesia dan kini menyandang gelar Magister Manajemen.

Dalam gelaran Miss World, Maria merebut simpati lewat presentasinya tentang program penyediaan toilet dan air bersih bagi warga di Desa Kamancing, Pandeglang, Jawa Barat. Penduduk desa tersebut harus berjalan kaki beberapa kilometer untuk mendapatkan air bersih. Selama proyek berlangsung, Maria tinggal selama beberapa waktu di Desa Kamancing. (sil)