Maskapai Indonesia Termasuk Berstandar Keamanan Bintang Satu

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 06/01/2016 09:35 WIB
Maskapai Indonesia Termasuk Berstandar Keamanan Bintang Satu ilustrasi pesawat terbang (Hans/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kalau sudah urusan keselamatan Anda memang tak bisa sembarangan memilih jenis transportasi yang aman, terutama saat memilih maskapai penerbangan yang aman saat hendak pergi liburan.

Tapi, maskapai mana yang paling aman di dunia tahun 2016? Menurut sebuah survei tahunan menempatkan maskapai Qantas sebagai maskapai paling aman di dunia.

Maskapai Australia ini dipuji untuk catatan luar biasanya yang bebas kematian di era (pesawat) jet. Dengan kata lain, Qantas punya catatan bersih soal kecelakaan dan angka kematian penumpang. Sementara itu pesawat lain yang juga masuk dalam peringkat 20 besar adalah Virgin Atlantic dari Inggris. Sayangnya, tak ada satu pun maskapai Indonesia yang berhasil masuk ke dalamnya.


Peringkat ini dibuat oleh website aviasi AirlineRatings.com. Website ini melakukan survei keamanan terhadap 407 penerbangan dan memberikan 1-7 bintang untuk keselamatan. Dari seluruh maskapai dunia yang disurvei, 148 maskapai diberi peringkat keamanan bintang tujuh, dan 50 lainnya hanya memiliki tiga bintang atau kurang.

"Peringkat 20 besar penerbangan paling aman kami selalu punya inovasi keselamatan terbaru dan meluncurkan pesawat baru yang lebih canggih," kata Geoffrey Thomas dari AirlineRatings.com, dikutip dari Telegraph.

Pemberian 'gelar' ini memperhitungkan beberapa faktor, termasuk sertifikasi dari  International Air Transport Association (IATA). Selain itu faktor lainnya juga apakah maskapai tersebut ada dalam daftar hitam maskapai Uni Eropa, catatan kecelakaan, dan apakah armadanya sudah aman. Sebuah bintang akan dihapus jika maskapainya hanya mengoperasikan pesawat buatan Rusia saja.

Berikut daftar 20 maskapai paling aman di dunia (sesuai abjad, kecuali Qantas).

1. Qantas
2. Air New Zealand
3. Alaska Airlines
4. All Nippon Airlines (ANA)
5. American Airlines
6. Cathay Pacific Airways
7. Emirates
8. Etihad Airways
9. EVA Air
10. Finnair
11. Hawaiian Airlines
12. Japan Airlines
13. KLM
14. Lufthansa
15. Scandinavian Airline System (SAS)
16. Singapore Airlines
17. Swiss
18. United Airlines
19. Virgin Atlantic
20. Virgin Australia

AirlineRatings.com juga memberi peringkat 10 operator penerbangan bertarif rendah yang termasuk paling aman di dunia.

1. Aer Lingus
2. Flybe
3. Hong Kong Express Airways
4. Jetblue
5. Jetstar Australia
6. Thomas Cook
7. TUI Fly
8. Virgin America
9. Volaris
10. Westjet

Kebalikan dengan pesawat paling aman di dunia, website tersebut juga mengeluarkan penghargaan untuk maskapai dengan peringkat keselamatan yang lebih rendah. Yang mengejutkan, dalam daftar ini, ada beberapa maskapai Indonesia yang termasuk di dalamnya. Selain Indonesia, ada juga maskapai dari Nepal dan Suriname. Maskapai-maskapai tersebut hanya diberi satu bintang untuk soal keselamatan penumpang.

1. Batik Air
2. Bluewing Airlines
3. Citilink
4. Penerbangan Kal-Star
5. Lion Air
6. Sriwijaya Air
7. TransNusa
8. Trigana Air Service
9. Wings Air
10. Xpress Air (chs/chs)