2017, Indonesia Punya Museum Seni Modern Internasional

Apriliana Lloydta Anuraga, CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2016 19:21 WIB
2017, Indonesia Punya Museum Seni Modern Internasional Pengunjung memotret lukisan karya Raden Saleh
Jakarta, CNN Indonesia -- Pada awal 2017, Indonesia akan memiliki museum seni modern internasional. Para penikmat seni di Indonesia tentu dibuat senang dengan kabar ini.

Museum yang dinamakan Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) ini dibuat dan didanai langsung oleh seorang pebisnis sekaligus kolektor seni terkenal, Haryanto Adikoesoemo. Museum MACAN ini sedang dalam masa pembangunan dan berlokasi di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Ia pun merekrut Thomas J. Berghuis untuk menjadi direktur museum tersebut. Berghuis sendiri sebelumnya merupakan seorang kurator seni China di Museum Guggenheim, New York.


Haryanto memiliki harapan besar untuk museum yang dibangun seluas 4.000 meter persegi ini.

“Saya ingin Museum MACAN bisa mengembangkan dan memajukan pemahaman orang-orang Indonesia tentang seni dan apresiasi seni itu sendiri,” tutur Adikoesoemo, seperti dikutip New York Times.

Bahkan, untuk mendukung kelancaran operasional Museum MACAN, ia membuat gedung yang di dalamnya ada museum tersebut dilengkapi juga dengan apartemen, kantor, hotel, dan area perdagangan. Sehingga, segala pendapatan yang didapat dari bagian-bagian tadi bisa digunakan untuk keperluan operasional museum.

"Saya juga ingin museum ini membantu terjadinya pertukaran lintas-budaya antara Indonesia dan dunia, menyediakan wadah bagi seni Indonesia di dunia internasional dan membawa seni internasional ke Indonesia," tambah Adikoesoemo.

Tak tanggung-tanggung, ada sekitar 800 karya koleksi Adikoesoemo yang akan dipamerkan oleh Berghuis di acara-acara museum itu ke depannya. Dari 800 koleksi tadi, 40 persennya merupakan karya seni dari Indonesia, 35 persen dari Amerika Serikat dan Eropa Barat, serta 25 persen lainnya berasal dari wilayah Asia.

Karya-karya yang dibuat lebih dari 25 tahun lalu itu mencakup karya yang dibuat oleh Raden Saleh, S. Sudjojono, Affandi, Lee Man Fong, Heri Dono, FX Harsono, Agus Suwage, Christine Ay Tjoe, dan Handiwirman Saputra. Selain itu, ada pula seniman internasional ternama, seperti Ai Wei Wei, Robert Rauschenberg, Anish Kapoor, Gerhard Richter, Banksy, Andy Warhol, Jean Michel Basquiat, Jeff Koons, Ed Ruscha, Keith Haring, David Hockney, Frank Stella, dan Antoni Tapies. (les/les)