Turun Berat Badan 42 Kg Berkat Pizza

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Kamis, 28/01/2016 16:21 WIB
Turun Berat Badan 42 Kg Berkat Pizza Ilustrasi hidangan pizza margherita. (CNN Indonesia FoodiesFeed/Jakub Kapusnak)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang chef dari Italia benama Pasquale Cozzolino berhasil menurunkan berat badan sekitar 42 kilogram dengan cara mengonsumsi pizza setiap makan siang. Pizza yang ia konsumsi adalah pizza margherita.

Cozzolino mengatakan pizza margherita yang dibuat dengan gaya Neapolitan berbeda dengan pizza margherita ala Amerika Serikat. Sebab adonannya dibuat tanpa mentega dan lemak.

Pizza margherita hanya dibuat dari air, tepung, ragi, dan garam. Adonan pun difermentasi selama 36 jam, membuat kandungan gulanya berkurang, menyisakan karbohidrat kompleks yang lebih sehat sehingga lebih mudah dicerna dan menimbulkan rasa kenyang lebih lama.


Topping-nya juga tidak macam-macam. Hanya ditambahkan saus tomat segar, lapisan keju mozzarella segar, daun basil, dan minyak zaitun.

"Pizza tersebut membuat Anda merasa puas, apalagi kandungan kalorinya hanya 540-570. Solusi yang cepat dan sempurna untuk pilihan makan siang atau makan malam," kata Cozzolino dikutip dari New York Post.

"Pizza itu membantu Anda menjauh dari junk food. Ketika Anda makan pizza tersebut, Anda tidak membutuhkan makanan yang lainnya."

Pada periode pertama Cozzolino menjalankan diet, ia merasakan sakit kepala dan selalu murung. Namun, setelah satu bulan konsisten menjalani diet, tubuhnya mulai menyesuaikan dan bobotnya mulai menyusut. Setelah tiga bulan, dia berhasil menurunkan berat badan sebesar 18 kilogram

Cozzolino memilih diet untuk mengurangi berat badan karena sebelumnya ia merasa beratnya sudah berlebihan sampai membuat keluarga tidak mengenalinya.

Tak hanya itu, ia juga mengalami masalah kesehatan seperti sakit lutut dan tulang punggung. Bahkan ia merasa berat untuk berjalan-jalan dengan anak laki-lakinya di taman akibat berat badan yang sudah berlebih.

Dokter mengatakan, Cozzolino harus menurunkan berat badan, karena jika tidak, ia akan terkena serangan jantung. Akhirnya, Cozzolino pun memilih untuk diet.

Selain mengonsumsi pizza margherita setiap makan siang, Cozzolino juga menghindari minuman manis dan minuman bersoda. Ia pun mengurangi porsi makan menjadi setengah dan fokus pada diet mediterania yang hanya mengonsumsi buah dan sayur.

Menurut The Daily Meal, Cozzolino bukanlah orang pertama yang melakukan diet dengan makan pizza. Pada Oktober lalu ada orang yang mengonsumsi pizza yang penuh dengan sayuran dan berhasil menurunkan berat badan sampai 10 kilogram. (sil/les)