Artikel Sponsor

Dengan Garuda Indonesia Jelajahi Kota Kudus yang Bersejarah

adv, CNN Indonesia | Sabtu, 30/01/2016 00:00 WIB
Dengan Garuda Indonesia Jelajahi Kota Kudus yang Bersejarah
Jakarta, CNN Indonesia -- Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar Kota Kudus? Rokok? Ya, produk dengan bahan baku tembakau tersebut memang merupakan komoditas utama kota yang terletak di wilayah Jawa Tengah ini.

Tapi Kudus juga menyimpan potensi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota ini memang tidak memiliki danau atau pantai layaknya Bali maupun Papua, namun Anda bisa menikmati nuansa klasik di pabrik atau kawasan kota tua di Kudus.

Berikut kami sajikan ulasan lengkap mengenai lima tempat wisata yang patut untuk Anda kunjungi di Kudus, khusus bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke kota ini dalam waktu dekat.


Untuk memudahkan perjalanan ke kota Kudus, tak ada salahnya Anda segera mencari informasi mengenai tarif dan jadwal perjalanan mulai sekarang. Anda bisa memanfatkan fasilitas Garuda Indonesia booking, sistem pemesanan tiket dari maskapai Garuda, atau melalui situs pemesanan tiket online Traveloka.

Sistem pemesanan tiket online dari maskapai Garuda Indonesia bisa Anda manfaatkan untuk memudahkan merencanakan perjalanan Anda menuju kota Kudus. Sedangkan informasi lain seperti tarif hotel dan biaya perjalanan tambahan tersedia di laman khusus Traveloka.

1. Kota Tua
Berlokasi di sebelah barat sungai Kauman, bagian tertua dari Kudus, kawasan ini punya jalanan yang sempit dan merepresentasikan suasana kasbah di Timur Tengah. Anda bisa menemukan berbagai pedagang lokal yang menawarkan souvenir, kalender, dan asesoris lain, seperti peci.

Di tempat ini Anda akan menemukan Mesjid Al-Manar (atau dikenal juga dengan nama Al-Aqsa dan Menera), yang dibangun pada tahun 1549 oleh Sunan Kudus dan terkenal dengan menara merah-nya. Menara yang disebut minaret tersebut sejatinya merupakan bekas menara pengamat dari kuil Hindu, yang kemudian menjadi lokasi dibangunnya Masjid. Tak heran jika di tempat ini Anda akan menemukan kolaborasi budaya khas Hindu dan Islam yang unik.

2. Pabrik Rokok Kretek
Kudus terbilang kawasan produksi rokok kretek terbesar. Konon ada tak kurang 25 pabrik di kota ini. Di setiap pabrik ini, Anda bisa melihat aksi cekatan dari para wanita pekerja dalam membungkus tembakau hingga menjadi sebuah rokok.

Salah satu pabrik yang terbesar adalah Djarum,yang berdiri sejak 1951, dan menjadi salah satu perusahaan terbesar di Kudus. Selain memberi banyak kontribusi untuk Kudus dengan lapangan pekerjaannya, Djarum juga mengembangkan pembinaan bulu tangkis yang telah menciptakan atlet hebat.

3. Museum Kretek
Museum Kretek merupakan salah satu dari tempat wisata menarik yang ada di Kudus. Museum ini memajang berbagai benda dan penjelasan terkait sejarah proses pembuatan rokok kretek.

Tepat di sebelah Museum Kretek terdapat rumah adat Kudus. Rumah ini memamerkan berbagai macam karya seni ukiran, yang juga dikenal sebagai salah satu keunggulan Kudus.

4. Pabrik Rokok Djarum
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Pabrik Rokok Djarum merupakan yang terbesar di Kudus. Didirikan di tahun 1951, pabrik rokok ini sudah menjadi perusahaan berlevel Internasional dan menjadi produsen rokok kretek terbesar ke-3 di nusantara.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, Djarum membuka tur khusus berdurasi 90 menit di pabrik nan modern milik mereka, yang berlangsung antara jam 08.00 sampai 11.00 WIB.

5. Pabrik Dodol
Ingin membawa oleh-oleh makanan khas dari Kudus? Dodol mungkin bisa menjadi pilihan. Penganan yang komposisinya terdiri dari santan, gula aren, dan ketan ini merupakan salah satu produk Andalan Kudus. Merk yang paling dikenal oleh warga sekitar adalah 'Picnic'. Anda bisa mengunjungi pabrik mereka dan melihat proses pembuatannya secara langsung di sini.

Tunggu apa lagi? Segera rencanakan perjalanan Anda ke kota Kudus.