Cara Paling Paling Sehat Makan Sushi

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 26/02/2016 11:31 WIB
Sushi diklaim sebagai makanan sehat dan rendah kalori. Namun ada cara untuk membuatnya jadi lebih sehat dan rendah kalori lagi. ilustrasi sushi (Thinkstock/Marco_Ficili)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat sedang enggan makan terlalu banyak, biasanya sushi dan sashimi bisa jadi pilihan yang mengenyangkan. Anggapannya selama ini, sushi adalah makanan yang sehat dan rendah kalori sehingga tak menimbulkan perasaan bersalah saat menyantapnya.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Sama seperti makanan lainnya, jika Anda menyantap sushi dalam jumlah dan isi yang tak terkendali maka makanan khas Jepang ini juga bisa jadi berkalori tinggi dan tak sehat.

Mengutip Huffington Post, untuk membuat sushi jadi lebih rendah kalori, makan sushi juga harus ada polanya sendiri.


Untuk membuat sushi jadi lebih rendah kalori, mulailah makan sushi dengan sup. Sup miso bisa membantu mengenyangkan Anda. Satu mangkuk kecil sup miso memiliki kandungan 75 kalori.

Pilihan lain untuk membuat Anda bisa lebih kenyang adalah dengan mengonsumsi salad rumput laut (wakame). Salad ini memiliki kandungan 20 kalori per 1/2 cupnya. Edamame juga menjadi alternatif sehat saat makan sushi. 1/4 cup edamame ini mengandung 63 kalori. Edamame juga bebas kolesterol. Kacang-kacangan ini juga merupakan sumber protein, serat dan lemak omega 3.

Yang pasti untuk membuat sushi Anda jadi lebih rendah kalori, ada baiknya untuk memilih nigiri atau sashimi. Hindari juga menyantap tempura, dan crunchy rolls. Kedua jenis sushi ini mengandung banyak minyak karena digoreng dalam minyak panas sampai kecokelatan.

Hindari pula memilih sushi dengan tambahan mayones dan isian krim keju.

Selain 'dibuat' rendah kalori, sushi juga bisa dibuat lebih sehat. Cara sederhana untuk membuatnya lebih sehat adalah dengan menyantap acar jahe merah yang disediakan. Wasabi juga akan membantu membuat sushi jadi lebih sehatr karena kandungan antioksidan di dalamnya.

Saat makan sushi, ada baiknya Anda juga memilih sushi dengan tambahan ikan salmon atau tuna yang kaya dengan vitamin D. Isian sayur seperti ketimun dan alpukat memiliki banyak vitamin yang bermanfaat untuk tubuh.

(chs/chs)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK