logo CNN Indonesia

Laporan dari London

Soto Ayam dan Sambal Goreng Udang yang Bikin Penasaran

, CNN Indonesia
Soto Ayam dan Sambal Goreng Udang yang Bikin Penasaran
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia memiliki ratusan menu masakan peninggalan nenek moyang. Sampai hari ini, menu tersebut telah dikreasikan sedemikian rupa. Tak sedikit yang disulap menjadi lebih sederhana.

Atas dasar tersebut, juru masak yang pernah tampil sebagai juri dalam kompetisi memasak Master Chef Indonesia, Chef Degan, mencoba mempromosikan Indonesia melalui diplomasi kuliner, lewat cara memasak.

Chef Degan lalu diberi ruang bertajuk Demo Memasak dalam acara Indonesian Weekend yang digelar perdana di Potters Field Park, London, pada Sabtu (28/5) dan Minggu (29/5). Tidak sendiri, ia memamerkan keahlian memasaknya bersama Chef Gede.
Chef Degan yang menggelar acara demo masak di acara Indonesian Weekend di Potters Field Park, London, pada Sabtu (28/5). (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Dalam satu hari, Chef Degan memasak tiga menu, sementara Chef Gede memasak satu menu.

Beberapa menu masakan yang disajikan di acara tersebut ialah Sop Ayam, Soto Ayam, Sambal Goreng Udang dan Rendang Sapi.

Ketika disambangi, Demo Memasak di Indonesian Weekend tampak dipadati oleh puluhan pengunjung. Mereka terlihat antusias dan terkejut dengan urutan memasak yang ditunjukkan oleh Chef Degan.

Dengan pembawaan yang santai, pengunjung sering tertawa mendengar penjelasannya.

“Alhamdulillah, acara di hari pertama ini berjalan dengan sukses. Awalnya sempat khawatir dengan cuaca, tapi itu menjadi salah satu keuntungan bagi kami. Pagi tadi kami menampilkan demo memasak Sop Ayam. Sangat cocok kan dengan udara dingin di sini,” kata Chef Degan ketika diwawancarai oleh CNNIndonesia.com, Sabtu (28/5).

“Acara tadi berlangsung sangat seru. Tidak sedikit dari mereka yang bertanya. Saya memang berusaha menjelaskannya sesederhana mungkin,” lanjutnya.

Tak semudah itu Chef Degan dapat menggelar Demo Memasak di Ibukota Inggris. Dari mulai menyusun hingga membeli bahan makanan, ia diawasi secara langsung oleh tim produksi dari London.

“Mereka punya standar kesehatan dan kualitas. Dari bahan makanan hingga cara memasak, harus terjaga kebersihannya. Tapi itu tidak menjadi kendala, karena justru menjadi motivasi bagi kami untuk menyuguhkan yang terbaik,” ujar Chef Degan.
Acara demo memasak oleh Chef Degan di acara Indonesian Weekend di Potters Field Park, London, pada Sabtu (28/5). (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Walau dimasak dengan konsep yang lebih sederhana, Chef Degan mengatakan, tidak ada yang diubah dari soal rasa, agar diterima oleh lidah warga London.

“Yang berubah hanya tekniknya. Seperti tidak menggunakan ulekan, tapi memakai mesin penumbuk. Saya berusaha menggunakan alat-alat yang biasa mereka gunakan di rumah agar tidak ada yang takut duluan untuk mencobanya,” kata dia.

Selama dua hari, chef yang sudah malang melintang di dunia kuline selama 30 tahun ini, mengajarkan cara memasak menu Nusantara. Bagi Chef Degan, diplomasi kuliner adalah cara promosi negara yang paling jitu.

“Makanan berada di urutan terdepan dalam hal promosi suatu negara. Karena jika sudah menyukai makanannya, para turis juga akan tertarik mengunjungi negara asalnya,” ujar pria bernama lengkap Degan Septoadji Suprijadi tersebut.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Indonesia Sapa Britania
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video