Haruskah Mencuci Baju Baru Sebelum Dipakai?

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Sabtu, 18/06/2016 11:12 WIB
Haruskah Mencuci Baju Baru Sebelum Dipakai? ilustrasi baju (Jupiterimages/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat membeli baju baru, kebanyakan orang pasti ingin langsung memakainya. Namun ada juga yang tak ingin langsung pakai melainkan harus dicuci dulu. Mencuci baju baru sebenarnya bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan juga bau 'baru.' Jadi sebenarnya, haruskah mencuci baju baru sebelum memakainya?

"Anda harus benar-benar mencuci baju baru sebelum memakainya, terutama semua hal yang dipakai langsung menyentuh kulit dan akan terkena keringat," kata Lana Hogue, ahli clothing manufacturing kepada Elle.

Pencucian ini ternyata tak sekadar didasarkan pada ada atau tidaknya kuman-kuman potensial penyebab penyakit (patogen). Namun pencucian juga akan membantu menghilangkan bahan kimia di dalam pakaian.


"Jika Anda akan memakainya keluar di udara panas dan menyebabkan Anda berkeringat, maka Anda harus mencuci baju baru terlebih dulu. Berkeringat akan membuka pori-pori dan memungkinkan kulit Anda menyerap bahan kimia dalam pakaian."

Hogue menambahkan, hampir semua benang atau bahan yang diwarnai menggunakan bahan kimia untuk dijadikan rok yang lucu atau atasan. Sayangnya, bahan kimia tersebut memiliki efek samping, misalnya dermatitis, ruam merah yang bisa menimbulkan iritasi.

"Sebagian besar bahan kimia yang digunakan untuk mewarnai kain dan digunakan untuk penyelesaian benang akan membuat kulit jadi iritasi," kata Hogue.

"Banyak orang percaya kalau bahan pakaian itu dibuat dengan tambahan bahan kimia."

Selain itu banyak dari bahan pakaian yang terpapar dengan kelembapan. Akibatnya, bisa jadi akan ada jamur yang tubuh. Untuk mencegah tumbuhnya jamur, benang-benang ini disemprot dengan anti-jamur.

"Bahkan serat alami juga menggunakan bahan kimia," ucapnya. "Bahkan jika Anda membeli 100 persen baju katun."

Selain itu, jika baju Anda diproduksi di luar negeri, Anda harus lebih waspada. Tiap negara memiliki kebijakan yang berbeda soal penggunaan bahan kimia. Bahan pewarna seperti azo-anilin dan resin formaldehida adalah bahan yang cukup umum jadi penyebab iritasi kulit.

"Formaldehida merupakan karsinogen kategori 3 yang dianggap punya bahaya terendah dan jumlahnya yang sangat kecil. Hal ini membuatnya diasumsikan tidak menjadi ancaman kulit. Namun bagaimana dengan yang mengekspos kulitnya dengan karsinogen secara berulang-ulang?" katanya.

Donald Belsito, profesor dermatologi dari Columbia University Medical Center di New York mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa pakaian baru memang harus dicuci terlebih dulu. Pasalnya pemajangan pakaian (display) akan menyebabkan bakteri berkembang biak. Bukan cuma bakteri tapi juga kutu dan jamur bisa berkembang biak subur.

Mencuci pakaian sebelum dipakai akan mengurangi kemungkinan terserang ruam, kutu, atau bahan kimia jahat. Lalu apa saja benda baru yang wajib dicuci sebelum dipakai?

1. Kaus kaki
2. Pakaian dalam
3. Kaus dalam
4. Baju olahraga
5. T-shirt
6. Celana pendek
7. Gaun
8. Pakaian renang.

(chs)