Asupan Omega-3 Bantu Penyembuhan Pasca Operasi Jantung

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Jumat, 24/06/2016 13:46 WIB
Asupan Omega-3 Bantu Penyembuhan Pasca Operasi Jantung Konsumsi makanan dengan kandungan omega 3 tinggi, seperti salmon, bisa membantu percepatan penyembuhan pasca operasi jantung. (FoodiesFeed/Jakub Kapusnak)
Jakarta, CNN Indonesia -- Senyawa lemak tak jenuh seperti omega-3 selama ini dikenal sehat bagi jantung dan untuk perkembangan otak. Namun sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi omega-3 dapat membantu penyembuhan pasca operasi jantung lebih cepat.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Clinical Nutrition menemukan bahwa pasien yang mengonsumsi omega-3 sebelum operasi jantung, mengalami penurunan aritmia dan secara drastis. Imbasnya, hal tersebut mengurangi lama tinggal di rumah sakit hingga 2,4 hari.

Aritmia adalah tanda gangguan detak atau irama jantung. Bila jantung berdetak lebih cepat dikatakan sebagai takikardia, dan bila lebih lambat tergolong bradikardia.


Gangguan detak jantung ini berpengaruh pada kondisi tubuh. Bila detak jantung melambat, akan mengganggu aliran darah ke otak dan dapat menyebabkan penderita pingsan. Sedangkan bila terlalu cepat, dapat menyebabkan gagal jantung.

"Omega-3 dikenal baik manfaatnya pada kesehatan kardiovaskular, termasuk mengurangi risiko aritmia dan mengurangi kematian pada pasien dengan infark miokardial atau gagal jantung," kata Pascal L Langlois dari Sherbrooke University, seperti yang dilansir Medical News Today.

"Selain itu, omega-3 menunjukkan sifat anti inflamasi dan berperan dalam modulasi sistem imun tubuh,” katanya.

Bersama dengan tim lainnya, Langlois melakukan penelitian ini pada lebih dari seribu pasien jantung. Hasil penelitian juga menunjukkan pengurangan lama rawat inap ini, bisa menurunkan biaya operasional rumah sakit.

Peneliti menduga fungsi dari omega-3 sebagai anti-inflamasi dan anti-aritmia inilah yang menyebabkan aritmia pada arteri pasca operasi medis dapat menurun.

Omega-3 yang memiliki manfaat baik untuk kardiovaskular tersebut banyak berada pada ikan dan minyak ikan, serta minyak biji-bijan. Selain untuk kesehatan kardiovaskular, omega-3 juga terbukti memiliki manfaat melawan kanker hingga masalah mental. (les)