Ritual Lima Menit untuk Pagi yang Optimal

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Selasa, 28/06/2016 09:05 WIB
Melakukan rutinitas pagi bisa memberikan perbedaan signifikan sepanjang hari dan membuat Anda lebih produktif. Apa saja? Melakukan meditasi selama lima menit di pagi hari, bisa meningkatkan produktivitas selama satu hari penuh. (Thinkstock/Geribody)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak bisa dimungkiri, bangun pagi dan memulai rutinitas bisa jadi hal yang membosankan. Terlebih jika Anda harus mengarungi macet lalu lintas dan berjibaku dengan tumpukan pekerjaan yang tak kunjung usai.

Namun, tahukah Anda, melakukan rutinitas menenangkan selama lima menit usai bangun tidur, bisa mengubah pagi menjadi lebih menyenangkan dan produktif.

“Melakukan hal-hal kecil selama lima menit, bisa menjadi kebiasaan baik yang membuat seseorang jadi produktif,” ujar Nela Canovic, motivator dan penulis buku self help, dikutip dari Independent.


“Tidak perlu ngoyo mengisi pagi dengan olahraga selama satu jam, membersihkan rumah atau membaca koran. Anda justru akan kelelahan sebelum hari dimulai.”

Sebagai gantinya, latih diri sendiri untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baik, selama lima menit setiap hari, setelah bangun tidur.

“Tanpa disadari, Anda akan terbiasa dan pagi yang biasanya kacau dan stres, akan teratur dengan sendirinya,” papar Canovic.

Beberapa ritual sederhana yang disarankan Canovic adalah sebagai berikut:

1. Meditasi
Setelah bangun tidur, jangan langsung terburu-buru mandi dan bersiap-siap ke kantor. Sebaliknya, duduklah selama lima menit di sisi tempat tidur, lalu mulai bernapas secara teratur.

“Dalam setiap tarikan napas, ada oksigen yang masuk dan perlahan membangunkan otak. Di sisi lain, itu juga akan membuat Anda tenang,” kata Canovic.

2. Daftar prioritas
Ritual lima menit lainnya yang kemudian bisa dilakukan adalah mendaftar prioritas harian. Kerjakan hal yang harus didahulukan dan simpan tugas-tugas yang bisa ditunda belakangan. Dengan demikian, jadwal harian akan lebih tertata.

3. Olahraga
Olahraga tidak selalu harus dilakukan di gym atau sasana dengan ditemani pelatih pribadi. Naik-turun tangga, berjalan-jalan di taman ataupun stretching sendiri di rumah selama lima menit, bisa membuat tubuh lebih siap menghadapi aktivitas.

4. Membereskan tempat tidur
Memang terdengar sepele, penelitian menyebut mereka yang membersihkan tempat tidur memiliki pagi berjalan dengan lebih baik, dibandingkan dengan orang yang tempat tidurnya dibiarkan berantakan.

5. Berpikir positif
Memulai hari dengan sesuatu yang positif akan membuat sepanjang hari lebih menyenangkan. Anda bisa mencari kalimat-kalimat penyemangat di internet dan menyimpannya di ponsel sebagai mood bosoter di pagi hari, atau menulis dalam note kecil dan menempelkan di cermin, lemari baju ataupun lemari es. (les)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK