Cara Mudah Lawan Kolesterol Jahat

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Kamis, 14/07/2016 14:45 WIB
Cara Mudah Lawan Kolesterol Jahat Konsumsi teh pahit usai menyantap makanan berkolesterol tinggi terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. (Pixabay/PDPics)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ahli Nutrisi Universitas Indonesia Dr Saptawati Bardosono, mengungkapkan konsumsi teh pahit bisa membantu mengatasi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh sehabis konsumsi makanan berkolesterol tinggi, semisal udang dan kepiting.

"Minum teh pahit bisa membantu (mengatasi kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh). Dalam teh ada kandungan zat aktifnya," ujar Saptawati.

Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa Tati itu mengatakan kadar kolesterol jahat juga dapat diantisipasi dengan melakukan aktivitas fisik dan olahraga.


"Kadar kolesterol jahat dapat diantisipasi dengan aktivitas fisik dan olah raga agar kolesterol baik meningkat dan kolesterol jahat dapat dibersihkan dari sirkulasi darah," kata dia.

Selain itu, saat mengkonsumsi makanan mengandung kolesterol sebaiknya imbangi dengan asupan sayuran dan buah-buahan, karena kandungan serat dan fitosterolnya dapat menghambat penyerapan lemak di usus.

"Imbangi dengan makan sayur dan buah untuk mendapatkan serat dan fitosterol sehingga dapat menghambat penyerapan lemak di usus," jelas dia.

Kadar kolesterol jahat yang tinggi bisa menyebabkan penyebab jantung koroner. Hanya saja, kondisi ini seringkali tak menimbulkan gejala apapun bagi penderitanya.

Pola hidup tak sehat terutama di usia 25 tahun ditenggarai menjadi salah satu kontributor penyebab tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Kadar kolesterol dikategorikan normal bila berada pada angka di bawah 200 mg d/L, yakni terdiri dari LDL atau kolesterol jahat di bawah 130 mg d/L dan HDL atau kolesterol di atas 40 mg d/L. (ANTARA/les)