Cara Khusus Pangeran William Kendalikan Pangeran George

Megiza, CNN Indonesia | Jumat, 22/07/2016 09:02 WIB
Pakar perkembangan anak menilai, para orang tua muda dapat mencontoh cara yang dilakukan Pangeran William kepada Pangeran George dalam berkomunikasi. (REUTERS/Richard Pohle/Pool)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memahami dan mengendalikan anak di bawah umur lima tahun sering kali menjadi hal yang melelahkan bagi orang tua muda. Rasa ingin tahu yang besar dari anak membuat Ayah atau Ibu harus memberikan kesabaran ekstra.

Terlebih jika anak tak dapat langsung memahami apa yang dikatakan oleh orang tuanya. Padahal ada cara yang sering dilupakan orang tua ketika berbicara kepada anak-anak.

Cara itu sering digunakan oleh Pangeran William saat berbicara dengan Pangeran George, anak pertamanya yang tepat pada hari ini merayakan ulang tahun ke-3.


William sering terlihat berbicara dengan Pangeran George dalam posisi setengah berjongkok. Menurut pakar perkembangan anak, berbicara dengan si buah hati dengan posisi mata sejajar memang dapat membuat anak kecil lebih merasa aman dan dimengerti.
"Aktif mendengarkan adalah cara paling penting untuk membuat pesan orang tua dapat diterima oleh anak. Berdiri sejajar dengan anak dan membuat kontak mata menjadi cara yang efektif," kata pakar perkembangan anak, Gill Connel, seperti dikutip People.

Penulis buku A Moving Child Is a Learning Child itu juga menilai, menyimak ucapan anak dan memberikan reaksi positif juga menjadi hal yang penting.

"Bereaksilah dengan kata-kata ataupun gestur yang positif seperti mengangguk, tersenyum dan memeluk. Tunjukan juga beberapa emosi yang dapat membuat anak merasa dimengerti. Pesan-pesan seperti itu dapat membangun kepercayaan diri mereka untuk berkomunikasi," ujarnya.
Metode berbicara dengan anak dalam posisi mata sejajar ini juga dilakukan oleh Kate Middleton kepada Pangeran George.

Tak hanya itu, bahkan Presiden Barack Obama tidak dapat menolak untuk melakukan kontak mata sejajar dengan Pangeran George, saat berkunjung ke Kensington Palace pada April lalu.
(REUTERS/Chris Jackson/Pool)
(meg/meg)