Seniman 'Jalanan' Corat-Coret Kota Tua Irlandia

Megiza, CNN Indonesia | Rabu, 31/08/2016 12:51 WIB
Seniman 'Jalanan' Corat-Coret Kota Tua Irlandia Sekitar 40 dinding di salah satu kota tua Irlandia akan disulap menjadi kanvas oleh para seniman lokal dan internasional. (Leon Murphy/Waterford Walls)
Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan artis lokal dan internasional dipastikan bakal berkumpul di kota tua Waterford, Irlandia, pada akhir pekan ini. Mereka bakal menuangkan kreativitasnya di dinding-dinding bangunan kota dalam sebuah festival seni jalanan yang penuh warna.

Acara yang diberi nama Waterford Walls itu digelar untuk ke-dua kalinya. Di gelaran pertamanya, aksi corat-coret dinding ini dilakukan dengan misi memberi warna baru di kota yang dapat ditempuh 2,5 jam dari ibu kota Irlandia, Dublin.

Tahun lalu, sebanyak 25 dinding bangunan disulap menjadi kanvas mural yang indah dan provokatif. Aksi perdana saat itupun menarik perhatian warga Irlandia dan juga seniman dari negara lain.
Waterford Walls festival. (Leon Murphy/Waterford Walls)

Ajang tahunan ini mengajak para seniman 'jalanan' berkreasi dengan berbagi dinding yang berada di tengah kota Waterford.


"Sejak tahun lalu, festival ini telah mempertemukan banyak seniman, dan tahun ini jumlahnya meningkat. Untuk mengulang kembali kesuksesan tahun lalu, kami ingin membuat acara yang lebih besar lagi.

Kali ini, akan ada 49 mural bervariasi dalam satu area. Warga atau pengunjung nantinya dapat bertemu langsung dengan para seniman," kata penggagas Waterford Walls, Edel Tobin, seperti dikutip Lonely Planet.

Dengan keberhasilan acara yang pertama, aksi ini pun ditargetkan dapat digelar juga di beberapa kota lain di Irlandia. Beberapa seniman kenamaan Irlandia yang ikut ambil bagian dalam acara ini adalah Joe Gaslin, James Earley, Steve Kemp dan Caoilifhionn Hanton.
Waterford Walls festival. (Leon Murphy/Waterford Walls)
(meg/vga)