Selempang Mewah Bertabur 'Salju' untuk Miss World 2016

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 16/12/2016 10:31 WIB
Selempang Mewah Bertabur 'Salju' untuk Miss World 2016 ilustrasi: Sash atau selempang Miss World tahun ini dibuat dengan tema winter season (Reuters/Toby Melville)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penobatan gelar Miss World tak akan lengkap tanpa adaya mahkota dan selempang gelar Miss World. Keduanya merupakan tanda kehormatan sebagai ratu sedunia.

Berbeda dengan mahkota penobatan yang tak selalu digunakan dalam tiap kesempatan, selempang atau sash Miss World selalu dikenakan kemana pun Miss World pergi.

Sash atau selempang ini pun bukanlah selempang biasa. Sang pembuat pun tak dipilih sembarangan.


Hand & Lock adalah perusahaan yang dipilih Organisasi Miss World untuk membuat selempang kemenangan Miss World. Bersamaan dengan ini, Hand & Lock juga merayakan 250 tahun berkarya.

Perusahaan tersebut mengungkapkan bahwa selempang yang mereka buat sangatlah istimewa.

"Selempang ini semuanya buatan tangan. Tulisannya disulam dengan teknik aplikasi menggunakan mesin embroidery dari Irlandia," kata Scott Gordon Heron, kepala desain Hand & Lock.

"Bagian dasar tulisannya dibuat dengan bahan biru metalik yang ditambah dengan pinggiran berwarna perak."

Selain itu, Heron juga mengatakan bahwa selempang dibuat dengan bahan dasar silk dupion berarna biru muda. Di sisi-sisinya diberikan hiasan kristal swarovski. Kristal-kristal tersebut semuanya dijahit dengan tangan.

Semuanya dilakukan untuk membuatnya tulisan Miss World makin berkilau. Di bagian tepinya, selempang ini dihias dengan menggunakan lace berdesain daun oak berwarna silver.

Sebagai 'pengikatnya' selempang Miss World ini ditambahkan rantai kecil berwarna perak dengan detail kristal salju yang melambangkan musim salju.

Mengutip laman resmi Miss World, Hand & Lock dipilih untuk membuat sash ajang kecantikan sedunia ini karena karya-karyanya yang menakjubkan. Perusahaan tersebut sudah bekerjasama dalam berbagai proyek dunia.

Beberapa proyek yang melibatkan perusahaan tersebut antara lain dalam film Dracula Untold, An Inspector Calls, dan lainnya. Hand & Lock juga terlibat dalam proyek London Fashion Week 2016 lalu.

Perusahaan tersebut disebut-sebut juga memiliki klien dari kalangan keluarga kerajaan, pasukan kerajaan, rumah mode di Eropa. Rumah jahit Savile Row, desainer baru, bagian kostum dari teater, film, dan televisi, juga menjadi kliennya. (chs)