Hygge, Gaya Trendi di Musim Dingin

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 18/01/2017 09:29 WIB
Hygge, Gaya Trendi di Musim Dingin Ilustrasi: gaya hygge dari Denmark bisa jadi solusi hadapi suhu dingin. (Thinkstock/Julenochek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Harus beraktivitas di kondisi cuaca atau suhu dingin kadang menyebalkan, badan harus bertahan dengan turunnya suhu dan tak jarang membuat sulit berkonsentrasi.

Bila selama ini cuma jaket yang dapat diandalkan melawan suhu dingin. Ada alternatif gaya busana lain untuk tetap dapat beraktivitas dengan normal dan stylish di kondisi dingin. Gaya busana itu bernama hygge.

Hygge, dibaca hoo-gah, aslinya adalah konsep interior ala Denmark yang menawarkan kenikmatan dan kenyamanan di dalam rumah.


Menurut Wiking, inti dari konsep hygge mencakup syal, wol, dominasi warga gelap, dan atasan yang kebesaran atau top bulky

1. Rajutan dari Kepala hingga Kaki

Hygge sangat mengutamakan kenyamanan. Rajutan dari kepala hingga kaki jadi pilihan tepat saat cuaca dingin. Tak perlu harus koleksi Victoria Beckham atau Stella McCartney musim terbaru untuk bergaya rajutan dari kepala hingga kaki, kaus rajutan dari orang tua juga sudah menawarkan kenyamanan tersendiri.

2. Kaos Kaki Wol

Bagian kaki dan tangan adalah area yang paling sering kedinginan. Kaos kaki dan sarung tangan wol adalah senjata ampuh untuk menghangatkan jari tangan dan kaki. Kaos kaki ini pas disandingkan dengan sepatu, celana 3/4, bahkan jaket berbulu. Hangat dan modis.

3. Syal 'hukumnya wajib'

Bukan hanya soal gaya, menggunakan syal yang dapat menghangatkan leher yang kedinginan.  

Untuk melengkapi gaya ala hygge, pilih syal yang longgar dan rajutan yang tebal. Selain syal, sweater rajutan juga bisa diposisikan di sekitar leher.

4. Layer

Busana tipe layer bukan hanya penyelamat bagian tubuh berlebih yang ingin ditutupi, namun juga penyelamat dari kedinginan. Menurut pakem hygge, semakin banyak layer atau lapisan pakaian akan semakin baik.

Layer tersebut bisa mulai dari kaos, jaket bomber, legging, kaos kaki. Untuk warna pakaian, bisa menyesuaikan dengan dekorasi ruangan atau tujuan aktivitas.

5. Gelap

Hygge merupakan mode yang dominan dengan warna gelap dan hitam. Walaupun serba hitam, bukan berarti 'mati gaya'.  Tampilan hygge dapat muncul dengan kombinasi syal, banyak layer, dan top bulky.

6. Sweater Bercorak

Bila kebanyakan desain Skandinavia itu polos, namun tidak pada hygge. Sweater bermotif berwarna pastel seperti krem, peach, atau biru muda bisa mewakili hygge.

Yang tak kalah penting dari dandanan hygge adalah memastikan diri untuk selalu hangat serta nyaman dan sesuaikan dengan dekorasi ruangan yang bakal dikunjungi.