Janganlah Sembarang Pakai Kosmetik Saat Berolahraga

Syanne Susita, CNN Indonesia | Senin, 06/03/2017 07:25 WIB
Janganlah Sembarang Pakai Kosmetik Saat Berolahraga Kosmetik tidak perlu dipakai saat berolahraga. Thinkstock/ElNariz
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak perusahaan kosmetik besar yang kini gencar mempromosikan produk kosmetik untuk olahraga. Kepada pemakai produk kosmetik jenis ini, iming-imingnya adalah lipstik, maskara atau contour wajah tak akan luntur setelah olahraga penuh peluh.

Di jaman dimana berswapotret adalah satu keharusan dalam gaya hidup, banyak perempuan pun tergiur dengan kosmetik pemakaian tahan lama ini.

Padahal, menurut Cheryl Wischover, semua kosmetik tahan lama atau kadang disebut dengan istilah athleisure makeup ini adalah omong kosong.


Ahli dermatologi Angela Lamb menjelaskan kepada Huffington Post alasan kenapa kosmetik tidak perlu dipakai saat berolahraga.

“Yang baiknya adalah membersihkan wajah sebelum berolahga. Wajah bersih menghindari penyumbatan pori-pori dan calon benjolan lainnya yang mungkin muncul jika menggunakan kosmetik.”

Sementara Dr. Heidi Waldorf yang menjabat sebagai direktur unit dermatologi kosmetik dan laser di rumah sakit Mount Sinai ini menerangkan apa yang terjadi jika berolahraga tanpa membersihkan muka terlebih dahulu.

“Problem umum yang kerap muncul adalah jerawat. Bahkan kosmetik jenis non komedo pun akan berubah jika tercampur dengan keringat. Dengan banyaknya keringat saat berolahraga, kosmetik luntur dan menutupi folikel sebaceous atau pori-pori. Jika kemudian terjadi iritasi, muncullah jerawat,” terangnya.

Tidak hanya keringat yang menyumbat pori-pori. Pada saat kita menggunakan matras gym yang digunakan ratusan orang, muka kadang bersentuhan dengan matras kotor itu.

“Kosmetik memiliki kecenderungan menyimpan bakteri, terutama setelah terekspose di wajah dan menempel di jari. Yang terakhir ini menjadi kanal bagi bakteri untuk menyebar ke tempat lain,” tambah Heidi.

Selain menyumbat pori-pori, ditambahkan juga oleh Angela Lamb, kosmetik dapat menetes lewat keringat dan menyebabkan iritasi mata.

“Saya merasa tuntutan wanita harus tampil sempurna setiap saat sangatlah tidak penting. Apapun yang ditambahkan dalam regimen kecantikan wanita bagi saya adalah satu kemunduran. Yang penting, fokus pada kesehatan.”

Lamb percaya kosmetik tahan lama itu hanyalah bagian dari propaganda perusahaan kosmetik untuk meraup keuntungan dan memanfaatkan hasrat orang untuk tampil sempurna dan selalu merasa diperhatikan.

“Kalau memang tetap ingin pakai kosmetik saat di gym, pastikan kosmetik yang ringan dan bebas minyak,” terang wanita yang juga menjabat sebagai direktur dermatologi di Institue of Family Health.

Sedangkan Waldorf menyarankan penggunaan kosmetik yang tahan air.

“Pilihlah kosmetik yang tidak luntur sehingga tidak ada masalah pada saat berkeringat.” (SYS)