10 Cara Untuk Membahagiakan Diri Sendiri

CNN Indonesia | Selasa, 21/03/2017 16:37 WIB
10 Cara Untuk Membahagiakan Diri Sendiri Belajarlah memuji diri sendiri untuk tetap bahagia (br_ruy/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak hal yang bisa membuat gembira. Cinta, uang, keluarga, pekerjaan dan lingkaran pertemanan. Di sisi lain, ada banyak juga yang membuat orang tidak gembira seperti kehilangan lima hal di atas.

Tanpa lima hal di atas, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membuat diri kita sendiri gembira. Tidak mudah. Butuh waktu, tenaga dan dedikasi. Namun, jika ketiga hal itu diterapkan, hidup akan lebih menyenangkan.

Dan, setiap isu butuh metode jalan keluar berbeda. Masih dalam peringatan hari kegembiraan internasional, ada beberapa langkah yang semua orang bisa terapkan untuk menggembirakan hati mereka sendiri.


Bicarakan Apa Yang Jadi Masalah
Terdengarnya mudah tetapi membicarakan apa yang menjadi keprihatian hati kita sangat membantu. Walau masalah tidak selesai, walau orang yang diajak ngobrol tidak dapat membantu secara fisi, ada perasaan lega seperti telah mengeluarkan beban dari dada.

Mendengar Musik
Durasi tiga setengah menit dimana otak tidak melakukan apa-apa, hanya mendengarkan musik, bisa membantu kita menenangkan diri dan juga memberi rehat pendek di saat kita merasa kepenatan.

Fokus pada Usaha Diet
Memang banyak yang tidak mau mengakui ini, tetapi diet bisa mempengaruhi pemikiran. Menurut Mind Charity, jika gula darah tubuh turun, kita akan merasa lelah, kesal dan depresi. Mereka pun merekomendasikan untuk menjaga pola makan teratur agar kadar gula darah stabil dan memilih makanan yang dapat mengolah enerji perlahan-lahan.

Banyak Minum Air
Mind Charity menjelaskan jika kurang minum air dapat menyebabkan kesulitan berkonsentrasi atau berpikir jernih. Jadi, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik.

Berolahraga
Menurut mentalhealth.org, olahraga tidak hanya mempengaruhi kebugaran fisik tetapi juga kesehatan mental. Berolahraga memberi rasa puas pada diri sendiri dan menolong kita untuk tersambung dengan komunitas dan lingkungan sekeliling. Berolahraga juga memberi kita tujuan hidup.

Melakukan Aktivitas Kreatif
Mewarnai buku dikenal dapat membantu kamu santai. Aktivitas ini juga mengingatkan kita pada kenangan masa kecil dimana kita mudah, bebas dan hanya bermain.

Dalam wawancara dengan majalah Best Health, Tim Bottos, profesor terapi seni kreatif di Concordia University, Montreal, mengatakan jika mewarnai buku baik bagi orang yang mengalami keresahan. Selain membuat rileks, aktivitas ini bisa dianggap sebagai meditasi.

“Otak menyukai ritem dan ada ritme pergerakan antara tangan saat mewarnai. Kamu mengalihkan perhatian dengan ritme ini dan mengeluarkan kamu dari pusat masalah yang dihadapi,” terang Tim.

Puji Diri Sendiri
Terdengarnya mungkin konyol tetapi banyak orang yang kurang percaya diri. Bukannya bangkit, kadang kita malah menyakiti tubuh kita sendiri karena merasa rendah diri. Jadi, cobalah berdiri di depan kaca dan belajar mengapresiasi diri kamu sendiri.

Pikirkan satu hal kecil tentang diri sendiri sebagai permulaannya dan mulai memuji. Entah itu rambut, mata atau jari kamu. Sejalan dengan waktu, waktu mengapresiasi diri sendiri itu akan terasa menyenangkan. Apalagi, jika ada target besar yang berhasil tercapai.

Tak ada salahnya untuk memuji betapa tampan diri kita sendiri saat tersenyum.

Mencari Bantuan Dari Grup Pendukung Daring
Jika kita tahu memiliki kekurangan atau penyakit, cobalah untuk mencari grup pendukung yang ada di daring. Melalui grup ini, kita dapat bertemu dengan orang yang mengalami hal yang sama dan saling berbagi cerita atau masalah.

Atur Waktu Konsultasi Terapi Dengan Profesional
Banyak orang malu datang ke psikolog atau psikiater untuk mencari bantuan atas masalah kesehatan mental kita. Mungkin psikolog atau psikiater itu tidak dapat mendiagnosa kondisi kesehatan mental kita, tetapi mereka akan menuntun pada apa yang dapat kita lakukan dan bahkan mereferensikan kita untuk menemui spesialis.

Menerima Pengobatan Apapun Yang Dibutuhkan
Tidak ada yang buruk mengenai pengobatan. Sebagian orang membutuhkan, sebagian tidak. Jika obat itu direkomendasikan oleh dokter, jangan takut untuk mengkonsumsinya. Minum obat juga berarti menyembuhkan kesehatan mental dan itu artinya kita mengambil kontrol dalam kehidupan kita sendiri. Lihat itu sebagai kekuatan, bukan kelemahan.