Gunung Es Mengapung Jadi Tontonan di Kanada

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Kamis, 20/04/2017 15:14 WIB
Potongan besar berwarna putih itu biasa mengapung sepanjang musim semi dan musim panas. Salah satu penampakan bongkahan gunung es yang mengapung di Newfoundland, Kanada. (Thinkstock/UpdogDesigns)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kanada bukan hanya Toronto atau Vancouver saja. Di negara yang dipimpin oleh Perdana Menteri Justin Truedeu itu, ada kawasan yang juga menarik dikunjungi, yaitu Newfoundland.

Seperti yang dilansir dari Travel and Leisure pada Kamis (20/4), di sana wisatawan bisa melihat potongan gunung es yang mengapung di Samudera Atlantik.

Potongan besar berwarna putih itu biasa mengapung sepanjang musim semi dan musim panas, sehingga memberi pemandangan kontras yang unik, terutama bagi yang menggemari fotografi.


Di Newfoundland, tempat yang paling populer untuk menyaksikan fenomena alam itu terletak di Ferrlyand.

Setiap tahun, lusinan wisatawan berdatangan ke sana.

“Tahun ini, potongan pertama telah melewati Ferryland. Potongannya sangat besar dan mengapung dalam jarak yang dekat, sehingga semua orang bisa menyaksikannya,” kata Wali Kota Ferryland, Adrian Kavanagh, saat diwawancara oleh CTV News.

Tahun ini, sebanyak 616 potongan gunung es telah melewati Newfoundland menuju Atlantik Utara.

Jumlah tersebut melebihi jumlah tahun lalu, yang hanya sebanyak 867 potongan gunung es.

Walau demikian, mengapungnya potongan gunung es pada tahun ini membuat para ilmuwan dan pengamat lingkungan merasa khawatir, karena mengapung terlalu awal.

Mereka berpendapat kalau perubahan iklim menjadi akibatnya.

Tak hanya potongan gunung es, wisatawan juga bisa mendatangi dua taman nasional Ferryland, Taman Nasional Gros Morne dan Taman Nasional Terra Nova, yang tahun ini tidak memungut bayaran bagi pengunjung, karena bertepatan dengan ulang tahun Kanada yang ke-150 tahun.