Lima Cara Cepat Terbebas dari Jerat Utang

Syanne Susita, CNN Indonesia | Senin, 24/04/2017 08:05 WIB
Lima Cara Cepat Terbebas dari Jerat Utang Keluarkan kartu kredit dari dompet agar tidak tergoda untuk berbelanja spontan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bahkan jika Anda berhati-hati dengan pengeluaran Anda, utang perlahan menjebak dan menciptakan stres di luar keinginan.

Namun, ada beberapa langkah sederhana yang bisa diambil agar bisa terbebas dari utang. Malah, membantu mendatangkan penghasilan tambahan yang mantap.

Dilansir dari Daily Mail, beberapa ahli keuangan dari Australia berbagi beberapa triks sederhana untuk mencapai hasil maksimal terbebas utang sekaligus mendapat penghasilan tambahan.

Buka Rekening Khusus Tabungan
Jika hanya punya satu rekening bank, sulit untuk memperhatikan uang keluar dan masuk. Guru keuangan dari Australia Canna Campbell, merekomendasikan untuk membuka satu lagi rekening di bank yang khusus untuk tabungan.


“Berapa pun yang masuk ke dalam rekening tersebut didedikasika untuk memperbaiki situasi keuangan Anda. Setiap kali uang disetorkan ke rekening tersebut, akan ketahuan keluar dan masuknya,” terang Campbell.

Keluarkan Kartu Kredit dari Dompet
Sering Anda terbelit utang karena kalap mata saat ke mal dan berakhir dengan berbelanja barang secara spontan.

Campbell pun menyarankan untuk menghentikan kebiasaan impulsif seperti itu dengan cara meninggalkan kartu kredit di rumah saja. Jangan membawa kartu kredit di dalam dompet.

“Tanpa kartu kredit di dompet, saat godaan datang, kartu kredit pun tidak akan terpakai. Jika ada barang yang ingin sekali dibeli, pembayaran bisa secara tunai atau menggunakan kartu debit.

Inti dari trik seperti ini adalah untuk menentukan nilai dan harga dari barang yang akan dibeli secara dadakan tersebut. Jika akhirnya berbelanja, Anda diminta untuk memilih dana yang mana yang dibuang untuk menggantikan belanja spotan tersebut. Apakah barang itu memang penting atau kepentingan yang dana akan diambil untuk menggantikan barang tersebut?


Memikirkan Berbagai Cara Menghasilkan Uang Tambahan
Campbell juga menyarakan untuk memiliki sebuah buku catatan yang dapat mencatat cara-cara mendapatkan penghasilan tambahan.

“Buku ini membuat saya menjadi lebih bertanggung jawab. Semua ide yang memiliki potensial saya catat di sini. Misalnya, menjual baju bekas, barang mewah, membuka jasa kos, atau pengembalian pajak (tax refund),” terang Campbell yang juga pendiri Sugar Mamma TV.


Dijelaskan olehnya jika dengan menuliskan ide-ide ini, ia mereasa terbantukan untuk mendapatkan inspirasi baru untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Mencari Sewa Tempat Tinggal Yang Lebih Murah
Trik lain untuk meringankan utang, seperti yang disarankan oleh Natasha Janssen, akuntan sekaligus pendiri Women With Cents, adalah mencoba mencari sewa rumah yang lebih murah bagi mereka yang belum memiliki tempat tinggal sendiri.

“Tidak ada salahnya mencari tumpangan selama dua atau tiga bulan, entah itu di rumah keluarga atau teman, jika hal itu bisa membantu Anda untuk mulai menabung? Atau mencoba pilihan jadi penjaga rumah,” Natasha menjelaskan melalui blog-nya.

Berhemat dari Biaya Transportasi
Jika tidak bisa menghemat dari biaya tempat tinggal, Janssen menyarankan untuk menghemat dari segi transportasi. Trik seperti ini sangat memberi pengaruh dalam soal pengeluaran sehingga biaya transportasi bisa dialokasikan untuk dana menutup utang.

“Jika Anda menggunakan mobil, terutama jenis mobil yang boros bensin, sudah waktunya untuk mempertimbangkan pilihan transportasi yang lebih ekonomis. Cobalah untuk menggunakan transportasi publik. Atau jika ingin merasakan perubahan yang langsung, jual mobil dan menggantinya dengan mobil yang harganya lebih murah.”