Festival Kampoeng Minangkabau di Jakarta Berlangsung Meriah

Advertorial, CNN Indonesia | Selasa, 02/05/2017 13:41 WIB
Festival Kampoeng Minangkabau di Jakarta Berlangsung Meriah
Jakarta, CNN Indonesia -- Acara Festival Kampoeng Minangkabau Culinary and Craft Festival 2017 berjalan sangat meriah di Lapangan Banteng, Gambir, Jakarta Pusat dari 28 April hingga 1 Mei 2017 kemarin.

Tak hanya acara kuliner saja, pertunjukan musiknya pun membuat heboh para pengunjung yang datang. Ini dikarenakan ada  Konser Piano Festival Kampoeng Minangkabau yang digelar Minggu (30/4/2017).

Musik-musik Minang gubahan Diah Ekawati, seorang guru privat piano D’Chamber Music Private Piano Students berhasil membuat para peserta menggoyangkan tubuhnya.


Tak hanya itu, acara kuliner pada hari yang sama juga sukses meraup banyak perhatian pengunjung.  Acara kuliner memang tak perlu diragukan lagi menjadi daya tarik wisata. Bahkan kuliner menjadi salah satu portofolio pariwisata oleh Kementerian Pariwisata selama dipimpin Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Kuliner menjadi wisata budaya yang cukup besar dampaknya dalam pengembangan destinasi dan industri pariwisata.  Pengunjung yang memadati Lapangan Banteng mencicipi ragam kuliner dan musik Minang.

"Saya nggak mengira acaranya bakal seheboh ini. Acaranya sangat ramai. Semua antusias menyaksikan ragam musik Minang hasil gubahan saya,” ujar Diah Ekawati Soenario.

Lagu-lagu terkenal khas Minang seperti Tanah Air, Ayam Den Lapeh, Malam Baiko, hingga medley Minang Tak Tong Tong, Lompong Sagu, hingga Dayung Palinggam, sukses membuat suasana Lapangan Banteng makin meriah.

“Ini kami buat supaya orang lebih mencintai Indonesia. Kebetulan di tengah festival ada tokoh seniman Minang senior Young Patapayan yang karyanya sudah banyak tersebar sampai Malaysia. Ternyata applause masyarakat luar biasa.  Sangat heboh,” tambah Diah.

Penanggung jawab FKM Jenni Mulrita juga merasakan hal yang sama. Jenni mengungkapkan,  di hari terakhir ada 10.000 orang yang tercatat mengunjungi festival ini. “Benar kata Bu Diah. Agendanya seru dan heboh. Hari terakhir adalah yang terbanyak. Ada 10.000 orang yang datang di hari terakhir,” jelasnya.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, turut mengapresiasi dan bangga atas kesuksesan Festival Kampung Minang yang menyedot perhatian warga DKI Jakarta. Ia mengungkapkan dirinya senang karena kuliner dan musik Minang ternyata banyak diminati warga Jakarta.

“Festival ini banyak manfaatnya. Selain mendongkrak bisnis UKM, melestarikan cita rasa, dan musik Minang, event ini juga meningkatkan silaturahmi warga perantau dengan warga kota Padang yang banyak berkunjung di sini,” tukas Gubernur Irwan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti juga sangat bangga dengan kreativitas warga Minang yang tidak mengabaikan budaya kampung halamannya.

"Ini merupakan salah satu bentuk promosi pariwisata Minangkabau. Mudah-mudahan kuliner, kerajinan tangan, dan festival musik yang digelar bisa memancing wisatawan datang langsung ke Sumbar," kata Esthy.