Rekomendasi Kuliner

Menghapus Rindu Rasa Asia di Kota Romantis Praha

Christina Andhika Setyanti , CNN Indonesia | Jumat, 19/05/2017 20:27 WIB
Praha, CNN Indonesia -- Tak mudah menemukan cita rasa Asia di Eropa, termasuk Praha. Padahal di kota cantik nan romantis ini, makanan Asia termasuk jenis makanan yang populer dan disukai. 
Cita rasa Asia memang bisa memberi warna tersendiri bagi warga Eropa yang mungkin mulai jengah dengan hidangan daging dan ‘kering.’ Berbeda dengan selera karnivora Eropa, sentuhan ‘omnivora’ Asia seolah menjadi oase di tengah ‘kekeringan.’

Ketika bosan menyantap aneka daging, salad pepaya muda dari Sasazu kitchen and bar bisa menjadi makanan pembuka yang indah. Salad pepaya dengan sentuhan saus Thailand yang terkenal dengan kesegaran ini bisa membangkitkan selera makan. 

Irisan tipis daging pepaya muda memberikan tekstur renyah yang menyenangkan. Dengan tambahan irisan mangga yang manis dan empuk, dan kacang Thailand teksturnya semakin menggoda. Yang menyenangkan, salad ini tak disiram dengan saus mayonaise, melainkan saus jeruk dan serai dengan tambahan semburat rasa pedas dalam tiap cecapannya.

Identitas Thailand dalam salad ini juga tak hilang begitu saja, tambahan daun ketumbar yang aromatik juga ditambahkan ke dalamnya. Jangan lupa, tambahkan kerupuk renyah saat menyantapnya.

Foto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti
Sebagai restoran Asia, Sasazu memang berkonsep untuk menghadirkan ‘one stop Asia.’ Kali ini, koki eksekutif Sasazu, Andy Tan menghadirkan Jepang dalam sepiring tuna salmon crispy roll. 

Andy Tan terlihat bereksperimen dengan sajian Jepang ini. Tuna salmon crispy roll yang merupakan sejenis sushi hybrid dari sushi asli Jepang. 

“Tuna salmon crispy roll sebenarnya merupakan sejenis sushi salmon dan tuna yang digoreng,” ucap Andy kepada CNNIndonesia.com di Sasazu Praha beberapa waktu lalu. 

Duet salmon dan tuna yang dikawinkan dengan selembar nori ini terasa unik. Sensasi renyah hasil penambahan tepung tempura dan digoreng sampai renyah ini memberikan kombinasi rasa yang menarik, terutama di bagian salmon dan tunanya yang masih segar dan setengah matang karena hanya ‘dicelup’ dalam minyak panas. 

Sebagai tambahan sausnya, tuna salmon crispy roll disajikan dengan saus hitam miso yuzu dan olesan wasabi. Sayang, bagi yang tak terlalu suka wasabi, cita rasa wasabinya terasa cukup kuat karena pasta hijau ini diletakkan di dasar piring di bawah irisan sushi. 



1 dari 2