Menguak Fakta Nutrisi dalam Delapan Macam Metode Memasak

Syanne Susita, CNN Indonesia | Minggu, 28/05/2017 19:05 WIB
Menguak Fakta Nutrisi dalam Delapan Macam Metode Memasak Metode menggoreng adalah metode mengolah makanan yang paling tidak sehat. (tpsdave/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama satu bulan ke depan, umat Islam merayakan ibadah puasa. Selain mencermati pola makan sehat, ada satu hal yang juga perlu diperhatikan yaitu bagaimana proses pengolahan makanannya.

Dilansir dari Times of India, ada berbagai macam cara pengolahan makanan yang dapat mempengaruhi nilai nutrisi dalam makanan yang akan disantap.

Yang harus diketahui adalah nutrisi apa saja yang kemungkinan besar hilang dalam proses pengolahan makanan. Pertama, vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C dan B. Kedua adalah vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A dan K. Yang terakhir adalah kandungan mineral seperti potassium dan magnesium yang hilang dalam air.


Rebus

Ada beberapa sayuran yang mengandung vitamin yang mengandung air. Vitamin ini mungkin hilang pada saat sayur direbus ke dalam air mendidih dalam periode yang terlalu lama.
Menguak Fakta Nutrisi dalam Delapan Macam Metode Memasak Foto: Thinkstock/Jacktherabbit

Karena sayur merupakan sumber yang bagus untuk vitamin C, saat direbus, sejumlah kandungan vitamin C akan hancur. Di luar ini, vitamin B juga sensitif akan panas.

Tetapi, jika sayur dikonsumsi dengan cairan saat direbus atau disiram, 80 persen nutrisi dapat dipertahankan.

Panggang (Roast)

Memanggang adalah teknik memasak kering dimana memasak dalam suhu tinggi dengan durasi yang cukup panjang. Api terkena langsung merata ke seluruh sisi makanan.
Menguak Fakta Nutrisi dalam Delapan Macam Metode Memasak Foto: Thinkstock/Stockbyte

Teknik memasak seperti ini dapat menyebabkan kandungan vitamin B hilang.

Jika mewaspadai hal ini dengan baik, memanggang makanan adalah salah satu metode mengolah makanan yang sehat karena nutrisi lain tidak akan hilang secara signifikan.

Microwave

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard menunjukkan microwave sebagai salah satu pilihan teraman untuk mempertahankan nutrisi dalam makanan.

Namun, teori ini benar jika makanan dipanaskan dalam microwave tidak lebih dari 30 detik hingga satu menit. Atau makanan dipanaskan dalam microwave tidak dalam tempat penyimpan plastik.
Menguak Fakta Nutrisi dalam Delapan Macam Metode Memasak Foto: Thinkstock/Suwatpatt

Dengan memanaskan makanan dalam durasi pendek itu, nutrisi dalam makanan tidak akan hilang. Memanaskan makanan dalam tempat penyimpan plastik sangat berbahaya karena material dan bahan kimiawi yang mungkin pindah pada makanan.

Panggang satu sisi (Grilling)

Ini metode memasak kering dimana api berasal dari bawah. Sejak memasak dilakukan di suhu tinggi, makanan akan terasa ada rasa asap.
Menguak Fakta Nutrisi dalam Delapan Macam Metode Memasak Foto: Thinkstock/AVN Photolab

Memanggang dengan cara ini sebenarnya bisa tidak aman. Ini disebabkan karena asap dari panggangan dapat memicu menjadi kanker saat dalam alam.

Namun, ini dapat dikurangi jika asap dikurangi. Sama halnya dengan metode roasted ini dapat menghilangkan kandungan vitamin B dalam makanan.

Tumis

Salah satu cara mengolah makanan yang sehat adalah menumis. Ada dua cara menumis, sautéing dan stir-fry dimana yang membedakan adalah suhu dan wajan yang dikenakan.
Menguak Fakta Nutrisi dalam Delapan Macam Metode Memasak Foto: Thinkstock/Fermate

Jika tumis stir-fry, suhu panas api sangat tinggi dan masakan terus digoyang-goyangkan dalam wajan. Sedangkan tumis sautéing menggunakan wajan yang lebih besar, dengan api kecil tetapi minyak yang telah panas.

Secara keseluruhan, pilihan memasak seperti ini sehat karena takaran minyak bisa dikontrol. Metode ini juga dapat meningkatkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak.

Panggang (Baking)

Metode lain memasak kering dengan temperatur tinggi adalah baking yang juga dianggap sehat karena kuantitas lemak bisa dikontrol.
Menguak Fakta Nutrisi dalam Delapan Macam Metode Memasak Foto: Thinkstock/Erwin Purnomosidi

Sejak makan dipanaskan dari empat sisi dalam ruangan tertutup, masakan pun matang merata tanpa ada kehilangan vitamin seperti vitamin C secara signifikan.

Goreng

Metode mengolah makanan ini adalah yang paling sering digunakan orang untuk memasak makanan mereka. Padahal, menggoreng menyimpan beberapa kemungkinan yang membahayakan kesehatan, terutama dari peningkatan kadar lemak setelah makanan digoreng.

Menggoreng adalah metode dimana makanan digoreng secara merata dari setiap sisi dengan menggunakan minyak. Makanan memang matang tetapi terkadang merusak makanan seperti ikan.
Menguak Fakta Nutrisi dalam Delapan Macam Metode Memasak Foto: Thinkstock/Grafvision

Ketika minyak dipanaskan dalam periode yang cukup lama dalam suhu tinggi, zat yang beracun terbentuk dan zat ini dapat menjadi penyebab kanker. Itu sebabnya menggoreng bukan metode memasak sehat.

Bagi yang gemar memasak menggunakan metode ini, bisa mencoba alternatif minyak gorengnya agar makanan lebih sehat.

Kukus

Dianggap sebagai metode memasak paling baik dalam urusan mempertahankan nutrisi penting dalam makanan, sayur sebaiknya diolah dengan metode mengkukus ini.

Keuntungan dari metode memasak ini adalah vitamin yang bersifat larut dalam air jika makanan direbus akan terjada dengan metode ini.
Menguak Fakta Nutrisi dalam Delapan Macam Metode Memasak Foto: Thinkstock/Gregsawyer

Tambahkan satu sendok teh minyak yang sehat atau perasa alami seperti mustard atau sesame agar sayuran lebih ada rasanya saat dikukus.