Lima Rahasia Hidup Sehat dan Umur Panjang

Ferdy Thaeras, CNN Indonesia | Senin, 17/07/2017 06:49 WIB
Lima Rahasia Hidup Sehat dan Umur Panjang Makan makanan segar dan sehat merupakan salah satu dari rahasia sehat. (Foto: jill111/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjalani hidup yang penuh tekanan dan cobaan membuat seseorang mudah terserang penyakit yang disebabkan kelelahan fisik maupun pikiran. Dengan segala kemudahan di era serba modern ini, terkadang justru masih banyak orang yang semakin mudah terkena penyakit  karena pola hidup yang tidak sehat.

Menurut Dr Rachel Carlton Abrams, penulis buku Body Wise, ada lima cara mudah untuk mendapatkan kesehatan sekaligus umur panjang. Semua berawal dari pilihan hidup hingga reaksi kita dalam menjalaninya, seperti dilansir dari Female First.

Makanan
Dr Rachel memerhatikan orang-orang yang umurnya panjang di dunia dan mereka memiliki kesamaan dalam memilih makanan yang dikonsumsi.
- Makan banyak buah dan sayuran segar.
- Mengonsumsi protein nabati seperti kacang-kacangan ketimbang hewani.
- Makan gandum utuh yang disukai lidah maupun tubuh.
- Menghindari makanan siap saji atau yang sudah dikemas dengan bahan pengawet.
- Menghindari gula, minyak yang dihidrogenasi hingga makanan yang serba digoreng.

Tidur
Di era serba sibuk dengan tekanan kerja yang tinggi, rata-rata orang tidur hanya enam jam dan idealnya adalah delapan jam sehari. Saat tubuh mendapatkan tidur yang cukup, maka proses meredakan rasa sakit, penyembuhan, menghilangkan depresi, infeksi hingga berat badan pun lebih stabil.


Bergerak
Manusia diciptakan untuk terus bergerak, namun dengan segala kemudahan transportasi, orang lebih memilih menggunakan kendaraan kemana-mana sehingga tubuh lebih sedikit bergerak. Seimbangkan aktivitas duduk seharian di kantor dengan olahraga ataupun dansa.
 
Selain baik untuk menyembuhkan depresi, tekanan darah tinggi hingga gangguan jantung, terus bergerak dapat membuat berat badan seseorang lebih stabil.

Cinta & Kasih Sayang
Dr Rachel menyebut rasa kesepian ternyata bisa membunuh lebih cepat daripada rokok. Pahami apa yang dibutuhkan tubuh dan pikiran, entah itu kasih sayang dan perhatian dari keluarga, teman-teman, pasangan atau bahkan hewan peliharaan sekalipun.
 
Cinta dan kasih sayang memberikan efek penyembuhan yang tinggi, mengurangi risiko serangan jantung, kanker, stroke hingga komplikasi penyakit berat lainnya.

Tujuan Hidup
Terkesan sepele namun memiliki tujuan hidup yang jelas ternyata bisa memperpanjang umur. Tanyakan pada diri sendiri, apa yang menjadi fokus dalam hidup? Kreativitas, pelayanan, bekerja untuk uang, kepuasan batin atau petualangan?

Dengan memiliki langkah yang pasti dalam hidup, ditunjang dengan ilmu pengetahuan dan semangat untuk terus belajar, seseorang akan lebih fokus dalam pikiran serta tidak banyak memikirkan hal yang tidak-tidak.