Karena Donat, Ratusan Orang Ohio Terjangkit Norovirus

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 14/08/2017 18:19 WIB
Karena Donat, Ratusan Orang Ohio Terjangkit Norovirus Ilustrasi donat (Thinkstock/Fotek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah toko donat di Ohio yang berusia 14 tahun tiba-tiba ditutup petugas. Toko donat ini diduga menjadi sumber penyebaran norovirus. Sebuah laporan konsumen mengungkapkan bahwa Mama C's Donuts di Toledo, Ohio ditutup lantaran ada 230 kasus lebih yang dilaporkan terkait penyebaran norovirus.

Norovirus adalah virus yang menyerang sistem pencernaan manusia. Norovirus bisa menyebar melalui kontak tangan, benda, tinja, atau muntahan dari penderita. 

Laporan tersebut diungkapkan oleh pengunjung yang makan di restoran donat itu antara 4-7 Agustus 2017. Sementara ratusan orang mengklaim bahwa mereka mengalami sakit setelah makan di sana.




Virus norovirus tersebut menyebar saat karyawan tengah mengiapkan donat untuk dijual.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, serangan norovirus ini bisa menyebabkan sakit perut, sakit kepala, demam, nyeri otot, dan diare.


Sampel yang diambil dari restoran tersebut dinyatakan positif mengandung patogen norovirus.

Mengutip Foodbeast, restoran tersebut ditutup pada Selasa (8/8). Restoran tersebut ditutup untuk 'dibersihkan' dari semua penyakit sampai petugas kesehatan menyatakan restoran tersebut bisa dibuka kembali.