Main Video Game Lebih Baik dari Minum Kopi

Rahman Indra, CNN Indonesia | Jumat, 25/08/2017 08:45 WIB
Main Video Game Lebih Baik dari Minum Kopi Para penggemar permainan atau game kini punya alasan ilmiah kenapa mereka lebih memilih main game daripada bersantai sembari minum kopi saat waktu senggang. (Ilustrasi game/Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para penggemar permainan atau game kini punya alasan ilmiah kenapa mereka lebih memilih main game daripada bersantai sembari minum kopi saat waktu senggang.

Sebuah studi yang dilakukan tim peneliti dari Univesity of Central Florida AS mengungkapkan ada manfaat psikologis bagi partisipan yang bermain game. Mereka lebih bahagia dan rileks dibanding yang bersantai minum kopi atau tak melakukan apa-apa.

Laporan penelitian itu, seperti dilansir dari Rocket News baru-baru ini juga menyebutkan main video game bahkan juga lebih baik dari meditasi.



Penelitian ini melibatkan 66 orang partisipan. Masing-masing mereka awalnya diberi tugas berhadapan dengan komputer yang melelahkan, dalam hal ini mengisi laman Excel. Setelah itu, partisipan dibagi ke dalam tiga kelompok.

Kelompok pertama bermain game Sushi Cat, kelompok kedua menjalankan meditasi, sementara kelompok ketiga bersantai tanpa melakukan apa-apa atau minum kopi.
Masing-masing diberi waktu istirahat atau break selama lima menit.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa mereka yang santai atau duduk saja masih merasa stres atau tertekan, karena masih berpikir tentang pekerjaan yang mereka lakukan. Sedangkan, mereka yang menjalankan meditasi memang berkurang stresnya, berkat proses relaksasi. Namun, para pemain game adalah kelompok yang merasa lebih baik setelah break, karena mereka benar-benar mengalihkan pikiran mereka dari pekerjaan secara utuh.

Rupp, peneliti dari University of Central Florida yang terlibat dalam penelitian ini lalu menilai tidak ada salahnya sesekali main game saat mengisi waktu istirahat.

"Kita sering menghabiskan energi untuk menyelesaikan pekerjaan, dan terlupa untuk mengambil waktu break atau istirahat sejenak, padahal ini tak kalah penting," ujarnya.


"Seseorang mestinya meluangkan waktu untuk menikmati aktivitas yang mereka lakukan, salah satunya main video game, yang sekaligus dapat membantu menyegarkan mereka kembali," papar dia.

Temuan ini makin menegaskan pentingnya seseorang rehat sejena utuk mengurangai taua menghilangan beba pikiran saat usai sekolah atau bekerja. Tidak hanya berantsai atau melaiaknnay ke meditasi, taip tak ada salahnya bermain game.

Untuk jenis permaiannya, tidak ada batasan pada Sushi Cat, bisa juga Clash of Clans atau lainnya. Seperti penelitian ini rangkum bermain game entah dikomputer atau ponsel dapat membuat seseorang kembali segar dan lepas dari beban pikiran pekerjan yang sebelumnya menjadi beban. (tia/rah)