8 Makanan yang Dapat Merusak Gigi

Rahman Indra , CNN Indonesia | Selasa, 10/10/2017 13:46 WIB
8 Makanan yang Dapat Merusak Gigi
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam hal memilih makanan, permen kerap dihindari karena diyakini dapat merusak gigi dan membuat gigi berlubang. Begitu juga wine yang dapat membuat gigi tak lagi putih. 

Di luar dua jenis makanan itu, ternyata ada beberapa makanan lain yang saat dikonsumsi sering dan berlebihan juga dapat membuat gigi rusak. Beberapa di antaranya bisa jadi tidak disadari selama ini telah menyumbang kerusakan pada gigi. 

Dari beberapa jenis makanan itu, berikut delapan di antaranya:


1. Biji Bunga Matahari/Kuaci

Kebiasaan seseorang membuka biji ini dengan menggigit cangkangnya ternyata bisa merusak bagian mulut. Dokter gigi asal Washington, Tyrone Rodriguez, seperti dilansir dari Health, menyatakan bahwa seorang pasien datang dengan gigi yang retak karena kerap mengunyah biji bunga matahari.

2. Balok Es

Mengunyah bongkahan es adalah ide yang tidak baik bagi kesehatan gigi. Hal ini disebabkan es dan gigi terdiri dari kristal. Dokter Gigi, Matthew Messina menjelaskan bila dua kristal mendorong satu sama lain dengan kekuatan yang sama, maka salah satunya akan retak.

3. Minuman mengandung penambah rasa

Rodriguez mengatakan pada beberapa minuman yang diberi penambah rasa mengandung asam sitrat yang kuat. Kandungan itu menjadi penyebab umum dari erosi enamel gigi. Enamel adalah lapisan terluar yang berfungsi untuk melindungi gigi.

"Setelah enamel hilang, itu tak akan pernah kemabli lagi," Dokter asal Chicago, Genaro Roma.


4. Buah Kering

Buang kering memang penuh akan serat dan vitamin. Namun, Rodriguez menjelaskan bahwa saat air ditarik keluar dari buah, kandungan gula dan asam pekat tertinggal. Proses dehidrasi tersebut menyebabkan buah itu menjadi lebih lengket. Misalnya, kismis dan ceri kering dapat menempel di celah gigi dan menghasilkan bakteri. Sementara, bakteri yang berasal dari pengendapan gula yang menghasilkan asam dan dapat merusak enamel, serta membuat gigi berlubang.

5. Vitamin kembang gula

Vitamin memang bermanfaat bagi tubuh, tapi vitamin dalam bentuk kembang gula yang manis dan lengket dapat disetarakan dengan permen. Rodriguez lebih merekomendasikan vitamin kunyah atau cair.

"Anda bisa minum dengan memasukkan beberapa tetes ke minuman atau makanan," ujar Rodrigeuez.

6. Keripik Kentang

Juru Bicara American Dental Association, Alice Boghosian menyatakan keripik kentang juga dapat menempel pada celah gigi. Kandungan kanji pada kentang dapat berubah menjadi gula yang menghasilkan asam.

"Saran saya, sebagai dokter gigi, setelah selesai makan pastikan bahwa Anda benar-benar selesai, tanpa meninggalkan apa pun," saran Romo. Membersihkan gigi sepenuhnya merupakan cara tepat untuk menghindari pembusukan gigi.


7. Minuman Olahraga

Mengisi elektrolit seakan menjadi kewajiban setelah berolahraga. Namun, jangan lupa bahwa minuman tersebut juga sarat akan gula. Hal ini berbahaya jika olahraga menjadi rutinitas sehari-hari dan minuman ini selalu dikonsumsi setelahnya.

"Saya selalu mengatakan kepada pasien saya untuk meminum air. Air adalah yang paling Anda butuhkan," ujar Romo.

8. Alkohol

Selain pewarna dan gula, alkohol dapat mengeringkan mulut seseorang. Kekeringan terebut dapat membuat gigi lebih rentan berlubang.

"Ada alasan mengapa mulut Anda mengeluarkan air liur," ungkap Romo. "Air liur dapat mencuci mulut Anda, menjaganya tetap bersih dan menetralkan mulut hingga tidak asam."

Tidak berarti meminum alkohol dilarang. Namun, perlu kontrol yang kuat saat mengatur tingkat keseringan meminum alkohol.