Camilan 'Berbahaya' yang Buat Gigi Jadi Berlubang

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Minggu, 08/10/2017 08:43 WIB
Tak bisa dimungkiri, masalah gigi berlubang berkaitan erat dengan asupan makanan. Camilan apa saja yang bisa buat gigi berlubang? Tak bisa dimungkiri, masalah gigi berlubang berkaitan erat dengan asupan makanan. (Thinkstock/Reanas).
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski terdengar sepele, gigi berlubang jadi masalah kesehatan mulut yang cukup mengganggu.

Tak bisa dimungkiri, masalah gigi berlubang berkaitan erat dengan asupan makanan. Mengutip berbagai sumber, camilan yang sehari-hari setia menemani jadi salah satu penyebab gigi berlubang. Camilan apa saja yang bisa buat gigi berlubang?

1. Permen, cake, dan cokelat


Manisnya permen dan cokelat tak akan semanis gigi yang berlubang akibat kedua camilan ini. Kedua jenis camilan ini dikenal punya kandungan gula yang tinggi serta bertekstur lengket.

Gula mampu menghasilkan asam yang lama-kelamaan akan mengikis lapisan enamel gigi. Sedangkan tekstur lengketnya akan membuat gula mampu bertahan cukup lama di gigi.

Camilan manis ini juga akan menimbulkan plak yang jika didiamkan dapat menyebabkan pembusukan dan pengikisan lapisan gigi.

2. Keripik kentang

Sembari menulis, makan keripik kentang memang terasa mengasyikkan. Hal ini pun diakui oleh Alice Boghosian, juru bicara American Dental Association. Namun menurut Boghosian, ada hal yang mungkin tak dihiraukan.

Pati kentang mengandung karbohidrat dan akan diubah menjadi glukosa dan akan menempel di gigi. Sama seperti makanan manis, gula alias glukosa akan menempel pada gigi, menimbulkan zat asam dan merusak enamel gigi.

3. Pasta, mi, dan roti yang lembut

Ketiga jenis makanan ini jelas mengandung tepung. Saat dimakan, teksturnya berubah lengket dan cepat menempel pada gigi. Pasta dan mie yang dikonsumsi dalam keadaan al dente alias masih kenyal, lebih cenderung lengket pada gigi.

4. Buah kering

Buah kering mengandung serat dan vitamin. Namun dalam proses pembuatannya, buah kering ini memang benar-benar dihilangkan kandungan airnya.

Tyrone Rodriguez, dokter gigi di Washington, menjelaskan jika kandungan air sudah habis, maka yang tersisa hanyalah gula dan asam. Buah kering seperti kismis dan ceri kering bisa menempel pada gigi dan membuat gigi berlubang.

5. Minuman bersoda

Minuman bersoda begitu mudah ditemui di pasaran dengan berbagai rasa dan warna. Selain itu, air soda juga dapat ditemui di berbagai jenis minuman karena efek 'menggelitik' sekaligus segar saat diminum dalam keadaan dingin.

Semua ini sebenarnya patut diwaspadai, karena soda bisa membuat gigi berlubang. Minuman bersoda mengandung gula buatan atau sakarin yang langsung mengikis enamel gigi. Pada tahap yang lebih parah bisa mengakibatkan infeksi pada akar gigi. (chs)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK