Alasan Kutu Betah Hinggap di Badan Turis

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Rabu, 11/10/2017 11:22 WIB
Alasan Kutu Betah Hinggap di Badan Turis Ilustrasi. (WSNNY/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya di rumah, ternyata kutu juga bisa ditemui saat berwisata. Hotel, disebut menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi kutu, bahkan beberapa tamu ikut menyumbang jumlah populasi kutu di sana.

Jika tidak ingin menjadi tamu pengantar kutu, sebaiknya hindari menyimpan baju kotor saat berwisata.


Hubungan antar baju kotor dan kutu sudah dibuktikan dalam penelitian ilmiah Universitas Sheffield yang dimuat dalam Scientific Reports.


Dilansir dari Travel and Leisure, dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa kutu lebih suka hinggap di baju kotor ketimbang baju bersih.


Tim peneliti mendapatkan hasil tersebut setelah melakukan tes, dengan menaruh dua tas—yang kotor dan bersih, bersama kumpulan kutu, dalam sebuah ruangan tertutup.

Selama dua hari hasilnya diketahui, bahwa kutu lebih banyak hinggap di tas yang kotor.


Selain pakaian atau barang bawaan yang kotor, tim peneliti juga mengatakan kalau kutu lebih senang berkembangbiak di tubuh manusia yang kotor dan bau.

Agar tidak dihinggapi kutu saat berwisata, tim peneliti menyarankan agar tamu hotel menyimpan baju bersih di tempat tertutup dan selalu ingat untuk membersihkan badan setelah beraktifitas di luar ruangan.

(ard)