'Orang Utan', Kostum Nasional Indonesia buat Miss Universe

Rahman Indra, CNN Indonesia | Jumat, 03/11/2017 18:20 WIB
Kostum 'Warrior of Orang Utan', karya desainer Rinaldy A Yunardi akan bersaing di sesi Best National Costume pada Miss Universe, 26 November 2017. Kostum 'Warrior of Orang Utan', karya desainer Rinaldy A Yunardi akan bersaing di sesi Best National Costume pada Miss Universe, 26 November 2017. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjelang kontes kecantikan Miss Universe 2017, Indonesia yang akan diwakili Bunga Jelitha Ibrani (26) mempersiapkan beberapa busana dan termasuk Kostum Nasional.

Tahun ini, Yayasan Puteri Indonesia (YPI) mempercayakan Kostum Nasional itu kepada desainer Rinaldy A Yunardi, yang kemudian membuat busana bertajuk 'Warrior of Orang Utan." Sepekan menjelang keberangkatannya ke kontes kecantikan bergengsi dunia itu, kostum nasional ini diberi tunjuk pada publik.

Kostum ini disebutkan terinspirasi dari baju ksatria perang yang terbuat dari bahan dasar kertas daur ulang yang kemudian disulam menyerupai anyaman rotan. Sebagai pelengkap, busana andalan untuk kompetisi Best National Costume ini dihiasi ornamen Kalimantan yang melambangkan kekokohan serta pejuang untuk melindungi satwa Orang Utan dan hutan Kalimantan.


Sementara, perhiasan di kepala melambangkan kekuatan adat dari suku Dayak di Kalimantan yang hidup selaras dengan alam dan hutan.


"YPI berserah pada saya, untuk bikin kostum nasional, dan saya sampaikan lewat busana ini, tentang pejuang yang peduli orang utan, dan juga peduli hutan Kalimantan," ungkap Rinaldy A Yunardi, dalam kesempatan bertemu media di Aula Sasono Wiwoho Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/11). 

Rinaldy menambahkan ia menyelesaikan rancanganya itu dengan memberi perhatian pada detail yang kaya, teknik anyaman, dan bahan daur ulang yang ramah lingkungan. 

Detail wajah Orang Utan pada bagian belakang kepala bermakna bahwa mereka membutuhkan pertolongan dan perlindungan dari manusia untuk bertahan hidup dengan tidak merusak habitat mereka di hutan.

Sementara, perhiasan gelang dengan sepatu hingga lutut menggambarkan tameng, dan kesiapan seorang ksatria untuk berjuang membela dan melindungi habitat Orang Utan dari pihak yang tak bertanggung jawab.

[Gambas:Instagram]

Jika diperhatikan dengan seksama, Rinaldy memberi perhatian pada detail dari hiasan kepala, anting besar, bagian lengan serupa bulu orang utan, baju dengan hiasan penuh di bagian depan, gelang bermotif, dan sepatu boot sebagai pelengkap.

Kostum nasional rancangannya jauh dari kesan 'festive' yang selama ini melekat di imej kostum nasional Indonesia sebelumnya. Meski demikian, Rinaldy tetap berpegang pada identitas Indonesia, dan menyampaikan pesan dan filosofi yang kuat di hampir setiap detailnya.

Kostum ini, seperti disampaikan pernyataan YPI, diciptakan sebagai bentuk ajakan kepada seluruh pihak dan masyarakat global untuk melindungi satwa Orang Utan dan habitatnya di hutan Kalimanan.

[Gambas:Instagram]

Kostum nasional 'Warrior of Orang Utan' secara keseluruhan bermakna setiap manusia adalah pejuang dan ksatria yang memiliki kewajiban untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian alam, serta melindungi habitat Orang Utan dan hutan Kalimantan.


Bunga Jelitha Ibrani akan bersaing memperebutkan gelar Miss Universe yang dijadwalkan berlangsung dari 12 - 27 November 2017. Malam Grand Final MU berlangsung pada 26 November 2017 di The AXIS, Planet Hollywood Las Vegas, AS.

Putri Kus Wisnu Wardani, Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia mengatakan, tahun lalu Indonesia berhasil masuk ke jajaran 13 besar, dan meraih gelar spesial Miss Phoenix Smile oleh Puteri Indonesia 2016, Kezia Warouw.

Tahun ini, kata dia, Indonesia ditargetkan bisa merebut mahkota Miss Universe untuk Indonesia. Selain itu, Bunga juga akan mempromosikan produk industri tradisional berbasis budaya karya anak bangsa, salah satunya melalui busana yang ditampilkan pada saat karantina, dan saat kontes berlangsung. (tab/rah)