10 Perjalanan Kereta Berpemandangan Indah di Dunia

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Minggu, 31/12/2017 18:34 WIB
10 Perjalanan Kereta Berpemandangan Indah di Dunia Ilustrasi. (kpgolfpro/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jangan hanya naik transportasi online saat datang ke destinasi wisata baru. Cari tahu mengenai perjalanan kereta di sana, karena biasanya banyak jalur rel yang otentik dan unik. Menikmati pemandangan sambil duduk manis di gerbong kereta pasti bakal menjadi pengalaman seumur hidup yang tak terlupakan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini perjalanan kereta dengan pemandangan indah di dunia:

1. Orient Express Paris-Venice/Istanbul


Kesuksesan film dari novel karya Agatha Christie yang berjudul ’Murder on the Orient Express’ membuat banyak orang penasaran untuk naik kereta ini. Pasalnya, banyak sekali pemandangan indah yang dilalui oleh kereta legendaris ini.

Selain itu, dekorasi ruangan kereta yang klasik juga membuat penumpangnya serasa bernostalgia seperti karakter dalam kisah detektif tersebut.

[Gambas:Instagram]

2. Trans-Siberian

Turis yang gemar berpetualang pasti memasukan perjalanan kereta Trans-Siberian dalam daftar kunjungan wisata seumur hidupnya. Bukan sehari atau dua hari, perjalanan dari kereta ini bisa sampai seminggu karena jalur relnya yang sangat panjang, dari Rusia sampai China.

Sejarah mengenai pembangunan jalur relnya sebagai alat politik juga bakal menjadi dongeng yang menarik untuk didengar selama perjalanan.

[Gambas:Instagram]

3. Trans-Canada

Sudah menjadi rahasia umum kalau Kanada memiliki kawasan hijau yang sangat cantik. Kereta Trans-Canada yang memiliki rute dari Toronto ke Vancouver bisa ditumpangi turis yang ingin melihat dari dekat pemandangan Pegunungan Rocky, dataran Edmonton, dan aliran Sungai Fraser.

[Gambas:Instagram]

4. Blue Train

Di Afrika Selatan juga ada perjalanan kereta dengan pemandangan menakjubkan, yakni Blue Train. Selama 27 jam, penumpang diajak melintasi jalur rel sepanjang 1.600 kilometer antara kawasan Cape Town sampai Pretoria.

Bagi yang berkocek lebih bisa menyewa gerbong mewah yang luas ruangannya berukuran setengah kamar hotel sedang, lengkap dengan balkon.

[Gambas:Instagram]

5. Maharaja’s Express

India sering dijadikan destinasi wisata religi dan bulan madu banyak turis. Kesan romantis dan syahdu juga terasa dalam perjalanan kereta Maharaja’s Express yang memiliki rute Mumbai ke Delhi.

Pilihan perjalanannya mulai dari empat sampai delapan hari. Sepanjang perjalanan, penumpang bisa menikmati eksotisme kawasan-kawasan yang dilewati, mulai dari Jaipur, Udaipur, Fatephur Sikri dan Agra, serta Ranthambore.

[Gambas:Instagram]

6. The Flying Scotsman

Kereta The Flying Scotsman melaju dari Stasiun King’s Cross di London sampai Stasiun Edinburgh di Skotlandia. Menikmati pemandangan kota yang berangsur berubah menjadi pemandangan dataran hijau tentu saja pengalaman yang tak terlupakan.

[Gambas:Instagram]

7. Marrakech Express

Jalur rel milik Maroko disebut sebagai yang terbaik se-Afrika. Selain itu, keamanannya juga terjamin. Kereta Marrakech Express memiliki rute keliling Maroko selama sembilan hari, melewati beberapa kawasan ikonik seperti Tangier, Chefchouan, dan Fes.

[Gambas:Instagram]

8. Indian Pacific

Perjalanan kereta Indian Pacific di Australia ini menghubungkan kawasan Sydney dan Perth yang berjarak 4.352 kilometer atau 65 jam perjalanan.

Selama perjalanan, kereta juga akan berhenti di stasiun yang dilewati, sehingga penumpang bisa memilih turun di kawasan yang diincar untuk berwisata alam.

[Gambas:Instagram]

9. California Zephyr (Chicago-San Francisco)

Perjalanan kereta California Zephyr menghubungkan kawasan hip di Amerika Serikat saat ini, yakni California dan San Francisco.

Pemandangan dalam perjalanan sejauh 3.901 kilometer itu juga bakal berbeda tergantung sedang musim dingin atau musim panas.

[Gambas:Instagram]

10. Lori Wisata Jember Banyuwangi

Tahun lalu, PT Kereta Api Indonesia meluncurkan layanan kereta wisata. Selain yang mengelilingi Pulau Jawa, ada juga kereta wisata yang jaraknya lebih dekat yakni Jember ke Banyuwangi.

Perkebunan kopi dan teh jadi pemandangan segar sepanjang perjalanan. Gerbong kereta yang digunakan juga berjenis lori yang jadul. Hawa dingin bakal terasa, karena kereta ini melintasi dataran tinggi.

Perjalanan kereta wisata ini hanya tersedia pada akhir pekan dan hari libur nasional. Tiketnya bisa dipesan terlebih dahulu melalui situs resmi PT Kereta Api Indonesia.

[Gambas:Instagram]

(ard)