5 Daftar Makanan Sehat di 2018

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Kamis, 18/01/2018 16:41 WIB
5 Daftar Makanan Sehat di 2018 Dari mulai yang bebas gluten hingga vegetarian akan menjadi pilihan makanan sehat di 2018. (Foto: Thinkstock/Fermate)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tren makanan sehat terus berkembang dari tahun ke tahun mengikuti mode dan perkembangan ilmu nutrisi. Dari mulai santapan vegetarian hingga yang jadi tren di media sosial berkat tampilannya yang juga memanjakan mata.

Tidak hanya itu, ada juga yang memberi perhatian pada bahan makanan yang dikandung di setiap satu porsinya. Ahli gizi, Kim Pearson pun juga turut mengungkapkan sejumlah menu makanan sehat yang bisa jadi pilihan santapan di 2018. 

Apa saja yang bisa jadi pilihan? Berikut beberapa di antaranya yang dirangkum CNNIndonesia.com:



1. Makanan dalam mangkuk

Sajian di mangkuk menjadi salah satu tren kuliner di 2018 seiring dengan popularitasnya yang juga menanajak di Instagram. Tentunya bukan sembarangan makanan di mangkuk, melainkan seperti kumpulan buah acai, salad Hawaii, dan bibimbab dari Korea.

[Gambas:Instagram]

2. Bebas Gluten

Gluten merupakan campuran dari protein yang terkandung dalam pati biasanya terdapat dalam sereal dan tepung. Gluten berguna membuat adonan kenyal dan mengembang. Namun, gluten merupakan jenis protein yang sulit dicerna dan menempel di dinding usus. Efeknya bisa membuat perut kembung, pilek, hingga iritasi usus. Pada 2018, diprediksi bakal semakin banyak makanan yang bebas gluten mulai dari roti, pizza hingga pasta.

[Gambas:Instagram]

3. Vegetarian

Makanan vegetarian menjadi salah satu pilihan baik pada 2018. Di antaranya dengan mengonsumsi sayuran, dan tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging dan unggas. Namun, masih mungkin mengonsumsi produk olahan hewan seperti telur, keju, atau susu.

[Gambas:Instagram]


4. Sarapan sehat

Sarapan sehat seperti salad buah, panekuk, yoghurt dapat menjadi opsi untuk memulai hari lebih semangat.

[Gambas:Instagram]

5. Protein nabati

Walaupun protein hewani baik untuk tubuh, namun penelitian menyebut terlalu banyak protein hewani justru berdampak buruk bagi tubuh dalam jangka panjang. Konsumsi lebih banyak protein nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Sementara, jika ingin mengonsumsi daging, pilihlah yang organik.

[Gambas:Instagram] (rah)