Demi Turis, Cannes Membangun 'Pantai Baru'

REUTERS, CNN Indonesia | Kamis, 01/02/2018 17:54 WIB
Demi Turis, Cannes Membangun 'Pantai Baru' Pantai Croisette di Cannes. (REUTERS/Eric Gaillard)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap tahunnya, kota Cannes di kepulauan French Riviera menyelenggarakan perhelatan bergengsi bagi sineas dan selebriti dunia. Semakin banyaknya orang penting yang datang membuat pemerintah setempat memutuskan untuk melebarkan garis pantainya.

Dilansir dari Reuters, kota resor yang berbatasan dengan Laut Mediterania itu mendatangkan pasir pantai sebanyak 80 ribu meter kubik untuk merenovasi lebar pantai sepanjang 1,4 kilometer di kawasan Croisette.

Sebagai perbandingan, banyaknya pasir tersebut bisa untuk mengisi 32 kolam renang ukuran olimpiade.


Pasir tersebut didatangkan dari kawasan Var. Sebelum disebar, pasir dicampur dengan air laut, lalu disemprotkan ke lahan yang telah ditentukan. 

Bagi pemilik usaha di sekitar Croisette, renovasi pantai tentu saja menjadi potensi bisnis baru.

Untuk berjemur di kelab pantai saja turis harus merogoh kocek mulai dari 25 euro, atau sekitar Rp416 ribuan per orang.

“Dulu lebar pantai hanya sekitar 20 meter. Saat ini lebarnya bertambah, menjadi sekitar 10-12 meter,” kata manajer salah satu resor di Croisette, Bruno Richard.

Kawasan Croisette menjadi lokasi favorit para turis yang datang, karena keberadaan resor, tempat makan, dan tempat belanja yang memanjakan mereka.

Brigitte Bardot, Nicole Kidman, sampai Leonardo DiCaprio diketahui pernah terlihat sedang bersantai di kawasan ini.

Festival Film Cannes bakal diselenggarakan pada bulan Mei mendatang, sehingga pemerintah setempat mengebut renovasi pantai di sana. 

Walau menguntungkan bagi pebisnis, namun sejumlah penduduk lokal merasa kalau renovasi tersebut merupakan pemborosan anggaran, yang seharusnya bisa dilakukan untuk hal lainnya.

(ard)