'Nama Bayi' Jadi Pencarian Ibu Paling Populer di Google

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Kamis, 22/02/2018 16:18 WIB
'Nama Bayi' Jadi Pencarian Ibu Paling Populer di Google Laporan Google terbaru mengungkapkan satu dari empat pengguna internet merupakan seorang ibu. Pada masa kehamilan, mereka banyak mencari ide nama anak. (Ilustrasi/Foto: Thinkstock/staticnak1983)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kaum ibu kini 'menguasai' dunia internet Indonesia. Penelitian terbaru dari Google Indonesia menunjukkan 25 persen atau satu dari empat pengguna internet merupakan seorang ibu. 

Dalam riset memahami perilaku ibu di era digital itu, Google mengungkap daftar pencarian terbanyak yang dilakukan ibu-ibu zaman sekarang. Topik terkait parenting atau mengasuh anak termasuk yang paling banyak dicari, di samping mencari nama bayi.

"Para orang tua senang sekali mengonsumsi konten. Yang paling tinggi adalah topik parenting selama 2016-2017 naik sebesar 26 persen," kata Industry Analyst Google Indonesia, Ariani Dwijayanti dalam pemaparan media di Jakarta, Kamis (22/2).



Ariani membagi pencarian para 'moms-zaman-now' itu dalam tiga kategori yakni masa kehamilan, kelahiran bayi dan saat anak balita. Pencarian pada masa kehamilan mendominasi lebih dari setengah, dengan persentasi 52 persen. Diikuti dengan pencarian pada kategori balita sebesar 32 persen dan bayi sebesar 16 persen.

Dari semua pencarian itu, paling populer adalah mencari nama bayi.

"Para ibu apalagi milennials moms itu punya banyak pertanyaan terutama pada kehamilan pertama. Mereka suka sekali nanya sama Google. Siapa ya nama anak saya? Ide-ide nama bayi Indonesia, ide nama bayi Arab atau nama bayi Jawa," tutur Ariani.

Setelah pencarian nama bayi, pada masa kehamilan ibu juga kerap mencari tanda-tanda kehamilan, persiapan kehamilan dan melahirkan.


Sementara, usai melahirkan, pencarian para ibu cenderung berganti mulai dari musik yang cocok untuk bayi, menyusui, perlengkapan bayi dan makanan bayi.

Saat anak menginjak usia 2-5 tahun, ibu kembali mengganti pencarian dengan tema pendidikan, musik, cerita, dan tips mengasuh anak. Dari segi waktu, Google menyoroti pencarian topik kehamilan lebih tinggi pada bulan-bulan pertama setiap tahunnya.

"Topik kehamilan itu lebih tinggi di semester pertama dibanding semester kedua. Mungkin lebih banyak yang hamil di bulan itu sepertinya," ucap Ariani.

Hal berbeda juga terjadi saat pencarian dengan aktivitas edukasi. Pencarian soal pendidikan lebih banyak terjadi saat musim liburan yakni pada bulan Juli dan Desember. Ariani berpendapat ini terjadi lantaran waktu luang bersama anak lebih intens saat libur.

Selain konten berupa tulisan, para ibu juga banyak mencari konten video. Google mencatat lonjakan penggunaan YouTube kaum ibu meningkat 4,7 kali dalam satu tahun terakhir. (rah/rah)