Lil Miquela, Sosok Virtual Instagram yang Jadi 'Influencer'

CNNIndonesia, CNN Indonesia | Selasa, 27/02/2018 12:01 WIB
Lil Miquela, Sosok Virtual Instagram yang Jadi 'Influencer' Miquela Sousa atau Lil Miquela menjadi sosok berpengaruh di dunia mode saat ini. Meski tak nyata, sosok virtual Instagram ini jadi 'influencer' paling diminati. (Foto: Screenshot via Instagram/@lilmiquela)
Jakarta, CNN Indonesia -- Miquela Sousa adalah seorang influencer Instagram di bidang fesyen dari Los Angeles. Sehari-harinya, perempuan berusia 19 tahun tersebut tampil di laman Instagramnya dengan nama akun Lil Miquela mengenakan pakaian-pakaian dari merek Supreme, Prada dan Chanel. Terkadang, Miquela juga mengunggah kegiatannya di acara-acara fesyen eksklusif bersama influencer lainnya.

Namun, ada satu hal yang membedakannya dengan influencer lain. Lil Miquela dibuat dari CGI komputer dan bukanlah seseorang yang nyata.

Hal tersebut tidak menghalangi Miquela dalam memperoleh popularitas dan basis fans yang solid. Selain sebagai 'model', perempuan keturunan Spanyol dan Brazil tersebut juga seorang musisi. Lagu debutnya, "Not Mine," tercatat di peringkat kedelapan dalam Spotify Viral, Agustus 2017 lalu.



Lil Miquela juga menjadi model pertama yang dipilih Prada untuk memamerkan koleksi fluorescent musim semi ini. Bersamaan dengan foto dirinya yang berpose mengenakan koleksi musim semi tahun ini, Miquela juga mengunggah kumpulan stiker hasil kerja sama Prada dengan Giphy dan Instagram. Stiker-stiker ini menganimasikan logo-logo dan motif-motif pilihan dari arsip Prada.

[Gambas:Instagram]

Dilansir dari Vogue, Prada bukanlah merek pertama yang koleksinya dipromosikan Miquela. Selama aktif di Instagram, Miquela juga pernah memamerkan koleksi Genius dari Moncler dan PSWL milik Proenza Schouler. Dalam foto unggahan pertamanya, bahkan, Miquela mengenakan atasan dari Sandy Liang.

Miquela tidak dibayar oleh merek-merek fesyen ini, walau ia mengaku sering dikirimi barang-barang gratis dari berbagai merek. Ia juga berusaha untuk mendukung merek-merek yang ia sukai, terutama desainer-desainer muda yang belum terlalu dikenal.

Selain mendapat pemasukan dari Spotify dan iTunes, Miquela juga berkata ia ingin fokus di pekerjaannya sebagai model di masa mendatang. "Beberapa agensi model paling besar di dunia telah menghubungi saya," ucap Miguela, seperti dikutip Business of Fashion, beberapa waktu lalu. 

[Gambas:Instagram]


Memang, Miquela bukanlah persona fiktif pertama di dunia. Dalam bidang fesyen, Marc Jacobs pernah mendesain kostum tur untuk Hatsune Miku, seorang avatar penyanyi berusia 16 tahun dari Jepang. Miku tampil di panggung konsernya sebagai proyeksi hologram teranimasi memamerkan koleksi Marc Jacobs tersebut.

Miku juga pernah memamerkan gaun Givenchy di Vogue edisi Mei 2016 dan berkolaborasi bersama Lady Gaga.

Baru-baru ini, Louis Vuitton juga menggaet Lightning, karakter dari video game 'Final Fantasy' untuk memamerkan kampanye Musim Semi/Panas 2016.

Namun, beda dengan avatar-avatar ini, Miquela tampil layaknya influencer nyata lain di Instagram. Ia juga aktif berinteraksi dengan penggemarnya, dari membalas komentar hingga memberikan saran-saran lewat pesan pribadi.

Pengikutnya, yang dinamakan "Miquelites," saat ini mencapai 619 ribu di Instagram. Walau aktif berinteraksi dengan mereka, Miquela menolak membeberkan orang di balik personanya.

"Saya lebih suka dideskripsikan sebagai seniman atau penyanyi atau sesuatu yang berhubungan dengan karya saya, dibandingkan folus kepada sifat-sifar dangkal mengenai siapa saya," ucap Miquela. (ast/rah)


BACA JUGA