9 Manfaat Buah Semangka Buat Ibu Hamil

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Rabu, 21/03/2018 14:32 WIB
9 Manfaat Buah Semangka Buat Ibu Hamil Selain mengurangi 'morning sickness', mengonsumsi semangka juga bermanfaat untuk mencegah komplikasi pada kehamilan. (Ilustrasi/Foto: Thinkstock/jacoblund)
Jakarta, CNN Indonesia -- Buah semangka kerap disantap saat cuaca panas menyerang. Buah kaya air ini dengan cepat memberikan rasa segar walau tidak dikonsumsi dalam kondisi dingin. Semangka juga diketahui baik bagi mereka yang dehidrasi karena cairan buah memang cepat mengganti cairan tubuh.

Rupanya semangka juga memiliki segudang manfaat bagi ibu hamil. Dilansir dari berbagai sumber, ada 9 manfaat yang bisa dipetik ibu hamil sehingga masa kehamilan bisa dilalui dengan menyenangkan.

1. Mengurangi 'morning sickness'


Kesegaran semangka dapat mengurangi morning sickness alias rasa mual dan tak nyaman pada perut. Semangka dapat menjadi menu untuk memulai hari. Ibu hamil dapat menyantapnya begitu saja atau diolah menjadi jus. Agar tak bosan, ibu hamil dapat menambahkan sedikit perasan lemon dan garam, atau perasan lemon saja untuk memperkaya rasa.


2. Mencegah preeklamsia

Konsumsi semangka terbukti dapat mencegah preeklamsia. Preeklamsia merupakan komplikasi pada kehamilan. Tandanya ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi), kejang dan edema (bengkak akibat akumulasi cairan di dalam jaringan). Dilansir dari Fit Pregnancy, sebuah studi menemukan bahwa asupan likopen lewat semangka mengurangi preeklamsia hingga 50 persen.

3. Detoksifikasi

Semangka punya sifat diuretik atau mampu menaikkan laju urinasi. Konsumsi semangka memungkinkan ibu hamil mengeluarkan racun-racun dari dalam rubuh lewat urin. Lebih lanjut, ia dapat menstimulasi kerja ginjal, memurnikan hati dan mengurangi kadar asam pada darah. Namun, ibu hamil perlu mengontrol konsumsi semangka kala kehamilan mulai masuk tri smester akhir karena perut yang besar tentu bolak balik ke toilet bakal jadi 'pekerjaan rumah' tersendiri.

4. Mengurangi kram otot

Masa kehamilan mau tak mau membuat tubuh ibu mengalami banyak perubahan. Berat badan makin meningkat disertai perubahan hormon mengakibatkan otot dan tulang terasa sakit. Menyantap semangka bisa membuat tubuh beradaptasi terhadap perubahan tubuh dan mengurangi kram.


5. Meningkatkan sistem imun

Tak hanya perubahan pada tubuh, kehamilan juga membawa perubahan pada ketahanan atau sistem imun tubuh. Semangka dengan kandungan likopen atau komponen antioksidan mampu membangun sistem imun ibu hamil menjadi lebih baik.

6. Membantu pembentukan tulang bayi

Semangka tak hanya mendukung kesehatan ibu selama masa kehamilan tetapi juga janin yang dikandungnya. Buah ini tinggi akan kandungan kalsium, potasium dan mineral yang bisa membantu perkembangan tulang bayi. Vitamin A,C, dan B6 turut andil dalam perkembangan penglihatan, otak, dan saraf bayi.

7. Meningkatkan energi

Ibu hamil rawan mengalami kelelahan dan lemas karena kehabisan energi. Tak perlu khawatir sebab semangka yang kaya vitamin dan mineral bisa jadi penambah energi yang ampuh cegah lemas.


8. Mencegah dehidrasi

Buah semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan air. Ia ampuh atasi dan mencegah dehidrasi pada ibu hamil. Cairan buah memang lebih mudah diserap tubuh daripada air putih biasa. Konsumsi semangka juga menghindarkan ibu dari rasa bosan dari rutinitas minum air putih tiap hari.

9. Mencegah pigmentasi

Perubahan hormon selama masa kehamilan dapat menyebabkan pigmentasi atau perubahan warna kulit. Biasanya warna kulit akan normal setelah melahirkan. Namun tak perlu menunggu hingga melahirkan, ibu hamil dapat mencegah pigmentasi dengan mengonsumsi semangka. (rah/rah)