6 Prosedur Wajib saat Kim Jong-un Bepergian

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 08/05/2018 11:29 WIB
6 Prosedur Wajib saat Kim Jong-un Bepergian Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un. (KCNA/via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sosok pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, kembali ramai dibicarakan setelah dirinya diberitakan bertemu dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In, dalam perundingan damai pada pekan kemarin.

Berselang beberapa pekan, Kim juga menjadi tajuk pemberitaan usai dirinya mengaku bersedia untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Membicarakan Kim memang tak ada habisnya. Selalu ada banyak versi mengenai gaya kepemimpinannya. Korea Utara dan segala isinya memang dikenal sebagai negara yang tertutup dari sorotan dunia.


Salah satu rumor yang tak ada habisnya dibahas ialah mengenai prosedur wajib saat dirinya bepergian.

Dikutip dari The Independent, berikut ini sejumlah rumor tersebut:

1. Iringan penjaga keamanan

Saat datang bertemu Moon, Kim menumpang mobil limousin hitam yang mendapat kawalan ketat dari 12 petugas keamanan berjas hitam.

Belasan petugas itu tak hanya berjaga saat Kim keluar dari pintu mobil, melainkan juga berlari kecil di sekitarnya dari gerbang gedung sampai pintu masuk.

Pengawalan ketat seperti ini menjadi permintaan Kim setiap kali ia melakukan perjalanan dengan mobil.

2. Kereta pribadi anti-peluru

Para pemimpin dunia biasanya bepergian dengan pesawat jet pribadi. Tapi tidak dengan Kim yang memilih naik kereta pribadi anti-peluru.

Saat ia bertemu Presiden China Xi Jinping, setidaknya ada tiga kereta pribadi yang ikut serta, untuk Kim dan timnya, penjaga keamanan dan pembawa barang pribadi.

Kereta tersebut juga diminta tak melaju kencang, hanya 50 kilometer per jam demi keamanan dan kenyamanan sang pemimpin tertinggi yang duduk di dalamnya.

Iringan penjaga keamanan yang berlari di sekitar mobil Kim. (Host Broadcaster via REUTERS TV)

3. Bawa toilet pribadi

Bukan faktor kebersihan, melainkan faktor keamanan yang membuat Kim selalu membawa toilet pribadi saat melakukan kunjungan.

Salah satu sumber dari pemerintahan Korea Utara mengatakan kalau segala sesuatu yang mengenai Kim merupakan rahasia negara, sehingga tak boleh diketahui orang lain, termasuk kegiatannya buang hajat.

Tentu saja toilet pribadi tersebut anti-peluru.

4. Bawa mesin pembuat mie

Naengmyeon merupakan mie khas Korea Utara yang menjadi menu favorit Kim.

Saat bertemu Moon, ia membawa mesin pembuat mie beserta chef pribadinya, agar bisa selalu menikmati kuliner tersebut.

5. Rahasia hingga pulang

Publik dan media massa tak pernah tahu jadwal kunjungan Kim. Pasalnya pemerintah Korea Utara selalu merahasiakan hal tersebut dan baru mengungkapnya setelah kunjungan usai.

Prosedur itu dilakukan saat Kim bertemu Xi dan kemungkinan besar juga akan dilakukan saat bertemu Trump.

6. Dikelilingi landasan pesawat terbang

Setiap properti dimiliki Kim pasti memiliki landasan pesawat terbang.

Saat ini dikabarkan kalau dirinya bakal menambah jumlah landasan pesawat terbang di sebelah rumahnya dan di dekat stasiun kereta pribadinya di Korea Utara.

Kim dalam kereta pribadinya. (KCNA/via Reuters)
(ard)