Destinasi Libur Lebaran Favorit Warga Jakarta Tahun Ini

agr, CNN Indonesia | Rabu, 30/05/2018 20:40 WIB
Surabaya, Makassar dan Medan ternyata menjadi destinasi libur Lebaran favorit warga Jakarta pada tahun ini. Warga menanti saat berbuka puasa di pelataran Masjid Terapung Amirul Mukminin, Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebelum masuk bulan Ramadan, calon pemudik sudah sibuk memantau harga tiket pesawat, kereta api sampai kapal. Bagi yang tak pulang kampung, Lebaran menjadi masa berwisata paling mewah karena paling panjang durasi liburnya

Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh situs pemesanan akomodasi, tiga kota yang menjadi destinasi populer mudik warga Jakarta adalah Surabaya, Makassar dan Medan.

"Kegiatan yang dilakukan oleh para pemudik masih didominasi oleh mengunjungi keluarga atau kerabat. Kemudian diikuti oleh mengunjungi tempat rekreasi, menginap di hotel, dan mengunjungi tempat perbelanjaan," ujar PR Manager Traveloka, Busyra Oryza di Jakarta pada Rabu (30/5).


Busyra lanjut mengatakan, moda transportasi yang menjadi pilihan para pemudik adalah pesawat.

Sedangkan sebanyak 62 persen responden mengaku melakukan kegiatan mudik bersama keluarganya.

Bagi yang belum punya tujuan libur Lebaran, berikut ini sejumlah destinasi wisata menarik di Surabaya, Makassar dan Medan:

Surabaya

Bagi yang ingin merasakan keasrian Kota Pahlawan, ada baiknya mengunjungi Taman Bungkul, Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih, Ekowisata Mangrove Rungkut, Taman Prestasi, atau Kebun Bibit Wonorejo.

Sementara itu Pasar Blauran, Pasar Bunga Kayoon, Pasar Atum, dan Pasar Genteng adalah destinasi wisata belanja yang layak dikunjungi di sini.

Makassar

Ibu kota provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki beberapa destinasi wisata favorit seperti Pantai Losari, Benteng Rotterdam, Trans Studio Makassar, hingga Taman Nasional Bantimurung.

Jika ingin memuaskan hasrat berbelanja di Makssar, bisa datang ke Pusat Sovenir Somba Opu, Pusat Grosir Butung Makassar, atau Mall Trans Studio Makassar.

Medan

Kota yang dikenal dengan duriannya ini menyimpan beberapa lokasi wisata yang tidak jauh dari pusat kota, seperti The Le Hu Garden, Hillpark Sibolangit, Menara Pandang Tele, Kampung Ladang, dan Kampung Keling.

Sebagai kota besar, sudah banyak mal besar yang berdiri di sana. Namun pesona pasar tradisional seperti Pasar Petisah dan Kawasan Jalan Ahmad Yani juga tak kalah menarik untuk dinikmati.

(ard)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK