7 Tips Cegah Anak Rewel Kala Mudik

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 11/06/2018 07:46 WIB
7 Tips Cegah Anak Rewel Kala Mudik Melakukan perjalanan mudik bersama anak bisa jadi lebih mudah asal disiasati dengan baik sehingga mereka tak rewel selama perjalanan. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Momen lebaran kerap terasa lebih hangat dan penuh suka cita kala dirayakan bersama orang-orang terkasih. Hal ini membuat tradisi mudik tak bisa dielakkan meski anak usianya masih kecil untuk melakukan perjalanan jauh.

Akan tetapi, hal ini tak akan jadi soal jika orang tua bisa menyiapkan diri dan menyiapkan anak-anak mereka untuk mudik. Dari mulai pemilihan moda transportasi yang nyaman, bekal makanan dan mainan, hingga pilihan perjalanan malam hari bisa jadi pilihan. 

Dirangkum dari beragam sumber, berikut tips-tips yang bisa diaplikasikan agar mudik nyaman dan anak tidak rewel.



1. Pilih moda transportasi yang nyaman

Pertimbangan pertama mengajak anak mudik adalah pilihan moda transportasi. Jika memilih transportasi umum, maka pastikan ia memiliki ruang yang cukup lapang, misalnya bus atau kereta. Ruang yang lapang dan lega membuat anak nyaman bergerak atau juga bisa dimanfaatkan orang tua untuk menenangkan anak jika rewel.

Sebaiknya orang tua tidak mengajak anak mudik dengan sepeda motor. Paparan sinar matahari, debu dan polusi membuat anak mudah sakit.

2. Perjalanan di malam hari

Anak mudah terlelap saat malam hari, sehingga pilihan waktu perjalanan malam disarankan demi menghindari rewel. Strategi ini juga bisa dipakai jika mudik menggunakan mobil pribadi. Orang tua dapat fokus menyetir tanpa gangguan suara teriakan atau tangisan anak.

3. Siapkan mainan

Perjalanan panjang membuat anak cepat bosan dan rentan rewel. Oleh karena itu sebaiknya siapkan mainan favoritnya agar perhatiannya teralihkan. Selain itu orang tua juga harus kreatif dengan mengajaknya bermain.

Lagu favorit anak pun dapat diputar di dalam mobil sehingga ia senang dalam perjalanan. Bahkan orang tua dapat mengajak anak menyanyi agar perjalanan tidak membosankan.


4. Sediakan camilan

Tak jarang anak rewel akibat rasa lapar, tapi kondisi tidak memungkinkan untuk makan makanan berat. Siapkan camilan kesukaannya agar ia tetap mendapat asupan makanan. Hindari makanan berat karena ia dapat menyebabkan mual atau mabuk perjalanan.

5. Penuhi kebutuhan fisiologis

Saat camilan atau mainan tidak mampu mengatasi rewel, maka orang tua harus tahu penyebabnya dengan aktif bertanya pada anak. Rewel bisa disebabkan ingin buang air besar atau buang air kecil.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, maka sebaiknya rutin mengambil waktu untuk istirahat. Anak bisa saja rewel karena merasa lelah dengan posisi duduk selama berjam-jam.


6. Beri kenyamanan saat berada di transportasi umum

Pilihan moda transportasi umum kadang membuat anak rewel. Bukan soal transportasi yang tak nyaman atau bosan melainkan karena anak merasa takut dengan orang asing di sekitarnya.

Berikan rasa nyaman pada anak, ajak ia mengobrol atau tunjukkan pemandangan lewat jendela kendaraan selama perjalanan. Ciptakan suasana bahwa perjalanan dengan kendaraan umum itu menyenangkan.

7. Jauhi stres

Orang tua yang stres dapat memengaruhi anak sehingga anak rewel. Biasanya tekanan berlebih atau stres kerap dirasakan orang tua karena rasa khawatir berlebih. Oleh karenanya, disarankan agar melakukan persiapan ekstra dalam penturan perjalanan demi meredam stres, serta lebih santai saat mudik agar sama-sama bisa menikmati perjalanan bersama. (rah/rah)