Menyingkap Kisah di Balik Rambut Nyentrik Kim Jong Un

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Selasa, 12/06/2018 20:45 WIB
Menyingkap Kisah di Balik Rambut Nyentrik Kim Jong Un Di pertemuannya dengan Presiden AS Donald Trump, pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un tampil dengan gaya rambut yang mencuri perhatian publik. (Foto: REUTERS/Jonathan Ernst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un seketika menyedot perhatian dunia. Pertemuan bersejarah ini dilakukan di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura.

Kim seolah selalu punya cara untuk menarik perhatian publik termasuk lewat gaya rambutnya. Ia tampil dengan gaya rambut tak biasa. Rambut disisir ke belakang 'klimis' seakan menggunakan produk minyak rambut. Bentuknya pun menyerupai trapesium jika dilihat dari depan. Dari samping, Kim memangkas habis bagian bawah rambut.

Ia mengadaptasi gaya ini sejak 2015 silam. Dilansir dari Telegraph, kala itu Kim pertama kali muncul dengan potongan rambut ini saat pertemuan dengan partai pekerja Korea Utara. Potongan rambut 'ajaib' ini sontak jadi headline aneka media.



CNN menyebutnya sebagai 'power haircut', New York Magazine menyebut gaya rambut Kim menunjukkan bahwa dirinya 'ambisius'. Bahkan New York Daily News mengambil istilah lebih kasar yakni 'barbar'.

Gaya rambut plus busana Kim Jong-un mengingatkan publik akan sang kakek, Kim Il-sung yang sudah pernah memegang tampuk kekuasaan Korut. Sebelum serah terima kekuasaan pada 2011 silam, tersiar rumor bahwa Kim menjalani operasi plastik demi bisa menyerupai Kim Il-sung.

Koran Korea Selatan, Dong-A Ilbo melaporkan bahwa Pyongyang menganggap posisi Kim diperoleh lewat reinkarnasi sang kakek.

Tak ada yang boleh meniru

Biasanya gaya rambut orang terkenal langsung jadi populer dan diikuti. Namun hal ini tak akan terjadi pada gaya rambut Kim Jong-un. Dikutip dari New York Post, Korut punya aturan sendiri soal gaya rambut.

Warga Korut bisa memilih 15 gaya rambut yang telah direstui sang pimpinan. Dari 15 gaya rambut ini, tak ada satu pun yang mirip dengan rambut 'trapesium' Kim. Seorang reporter Finish mengunggah ilustrasi gaya rambut di sebuah salon Korut.



Gaya rambut terbatas begitu pula dengan warna rambut. Warga dilarang untuk mengecat rambut mereka.

"Kesetaraan di Korea Utara: baik laki-laki dan perempuan punya 15 model rambut yang diizinkan. Anda juga bisa melupakan soal mengecat rambut," tulis reporter Finish, Mika Makelainen dalam akun Twitter-nya. (rah/rah)