Tips Agar Pakaian Terhindar dari Sengatan Ngengat

Puput Tripeni Juniman | CNN Indonesia
Senin, 25 Jun 2018 17:47 WIB
Pakaian yang tiba-tiba berlubang atau mulai terurai bisa jadi salah satu ciri-ciri ngengat telah hinggap. Bagaimana mengatasinya? Pakaian yang tiba-tiba berlubang atau mulai terurai bisa jadi salah satu ciri-ciri ngengat telah hinggap. Bagaimana mengatasinya? (Ilustrasi/Foto: Jeff Sheldon/Unsplash.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pakaian kerap jadi sasaran empuk bagi aneka serangga terutama ngengat. Pakaian yang tiba-tiba berlubang atau mulai terurai bisa jadi salah satu ciri-ciri ngengat telah hinggap.

Dalam sebulan terakhir, perusahaan pengendalian hama, Rentokil bahkan mengklaim jumlah orang yang komplain terhadap ngengat meningkat 110 persen. Laporan ini membuat Rentokil meneliti penyebab berkembangnya epidemi ngengat pada pakaian.

Dalam survei terhadap 2.000 pelanggan di Inggris itu, ditemukan ngengat yang biasa hinggap di pakaian karena pengaruh cuaca, juga dapat hidup karena pakaian dicuci pada suhu dingin.



Sebanyak 54 persen responden menyatakan mereka mencuci pakaian pada suhu 30 derajat celcius. Menurut Rentokil, ngengat memiliki peluang lebih besar untuk bertahan hidup di suhu yang rendah daripada mencuci di suhu 40-60 derajat celsius.

Selain suhu air saat mencuci, kualitas pakaian juga menjadi daya tarik bagi ngengat. Serangga ini senang dengan keratin atau protein alami yang dapat ditemukan dalam pakain dengan bahan bulu, wol dan sutra. Padahal, bahan ini dikenal sebagai bahan yang tahan lama.

"Suhu hangat merupakan kondisi yang sempurna bagi ngengat berkembang biak. Risiko kerusakan terhadap pakaian dan perabotan di rumah meningkat karena ngengat," kata kepala akademi pelatihan teknis di Rentokil Pest Control, David Cross, dikutip dari Metro.

Beberapa tips berikut ini dapat diterapkan agar pakaian terhindar dari ngengat.


Segera cuci pakaian yang berkeringat dengan suhu di atas 48 derajat celcius. Diberitakan Independent, Direktur pengendalian hama Cleankill, Paul Bates menyarankan untuk tidak menyimpan pakaian kotor dalam lemari. Pasalnya, ngengat dapat ditemukan di area lembab terutama bekas pakaian yang penuh keringat.

Selain itu, menyimpan pakaian berbahan wol dalam kantung tertutup juga dapat mencegah ngengat hinggap.

Membersihkan setiap sisi perabotan rumah bahkan di tempat yang tersembunyi juga dapat menghindari hinggapnya ngengat. (rah/rah)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER