Zara Dituding Plagiat karena Jaket Kontroversi Melania Trump

Rahman Indra, CNN Indonesia | Kamis, 28/06/2018 02:31 WIB
Zara Dituding Plagiat karena Jaket Kontroversi Melania Trump Jaket 'Tak Peduli' Zara yang dikenakan Melania Trump beberapa waktu lalu berbuntut panjang. Denim R13 menuding bahwa desain jaket itu meniru koleksi mereka. (Foto: REUTERS/Kevin Lamarque)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jaket Zara bertuliskan di belakangnya 'I Really Don't Care, Do You?' yang dikenakan ibu negara AS, Melania Trump beberapa waktu lalu berbuntut panjang. Tak hanya menuai kontroversi, Zara pun kini dituding meniru atau plagiat oleh label Denim R13. 

Seperti dilaporkan Harpers Bazaar, Denim R13 telah menuduh Zara meniru parka khaki milik mereka, karena mirip dengan jaket yang dikenakan oleh Melania Trump minggu lalu. 

Dikabarkan, The Cut menerima email dari R13 yang menyebut adanya kesamaan dengan salah satu koleksi mereka yakni jaket hijau, tapi menampilkan slogan berbeda, "God Save America". Mereka menyebut Zara 'sepertinya terinspirasi'.



[Gambas:Instagram]

Namun, jaket Zara tersebut diperkirakan juga diambil Melania dari koleksi musim semi/musim panas 2016, sementara R13 memulai debutnya dengan bagian yang terlihat serupa pada bulan September di tahun yang sama. Hingga berita ini dilaporkan, Zara belum menanggapi akan tudingan ini.

Entah siapa lebih dulu. Akan tetapi, jika menarik lagi ke waktu sebelumnya, kedua jaket itu mirip dengan jaket khaki yang dikenakan Kate Moss di sampul iD pada tahun 2002. Dalam foto yang terkenal, Moss terlihat dari belakang mengenakan mantel bertuliskan "God Save The Queen ".

[Gambas:Instagram]

Sebelumnya, terkait jaket Melania yang menuai kontroversi, Donald Trump membantah bahwa kata-kata dari parka istrinya ada kaitannya dengan anak-anak migran, tetapi lebih mengacu pada media 'berita palsu'.

Menurutnya, kata-kata: "Saya benar-benar tak peduli, kamu?" di belakang jaket Melania itu mengacu pada berita palsu media. Trump menyampaikan tweet bahwa Melania telah belajar betapa tidak jujurnya media, dan dia benar-benar tidak peduli lagi. (rah/rah)