Warga Singapura Antusias Sambut 'Hot Deals' Kepulauan Riau

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 06/08/2018 14:00 WIB
Warga Singapura Antusias Sambut 'Hot Deals' Kepulauan Riau Warga di Singapura antusias dengan acara consumer selling 'Hot Deals' Kepulauan Riau (Kepri) yang digelar di Singapura. (Foto: Dok. Kementerian Pariwisata)
Jakarta, CNN Indonesia -- Warga di Singapura antusias dengan acara consumer selling 'Hot Deals' Kepulauan Riau (Kepri) yang digelar di Singapura. Mereka tertarik dengan program yang ditawarkan pelaku industri pariwisata Kepri.

"Kami tentu gembira karena setiap program consumer selling selalu direspons positif publik Singapura. Mereka memadati paviliun yang sudah disiapkan. Kami optimistis agenda consumer selling kali ini bisa menghasilkan transaksi maksimal," ungkap Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana, Sabtu (4/8).

Program 'Hot Deals' Kepri dirilis 3-5 Agustus dengan mengambil lokasi di Jcube Mall Singapore pada pukul 10.00-22.00 waktu Singapura. Sebagian mereka juga menempatkan Batam dan Kepulauan Riau sebagai destinasi favorit.


"Batam dan wilayah lain di Kepulauan Riau ini memang familiar di Singapura. Jaraknya dekat. Pilihan moda transportasinya beragam. Kapal ferrynya banyak dan bagus. Destinasinya juga luar biasa di sana," kata dia.

Batam dan wilayah Kepulauan Riau memang menjadi destinasi menarik warga Singapura. Dari rentang Januari-Mei 2018, jumlah kunjungan wisatawan Singapura pun mencapai 423.719 dari total kunjungan wisman 944.536 orang. Menariknya lagi, mayoritas wisman 73,42% masuk melalui pintu Batam.

Lebih mengoptimalkan lagi market Singapura, sebanyak 10 industri pariwisata dilibatkan. 'Hot Deals' Kepri diikuti oleh backpacker Batam, Martha Tilaar, Wellasih, juga Green Rose. Ada juga Turi Beach, Flamingo Tour, hingga Tripcetera. Untuk teknis aksesibilitasnya, Sindo Ferry, Batam Fast Ferry, hingga BLR Ferry pun dilibatkan.


"Sejauh ini pergerakan transaksi cukup positif. Sisa waktu yang ada tentu akan dimanfaatkan agar bisa lebih optimal lagi. Akhir pekan seperti ini akan menjadi momentum yang baik," kata Pitana lagi.

'Hot Deals' Kepri juga menyajikan Mystery of Central Java Dance. Konsep tariannya mengkolaborasikan permainan tradisional yang diberi ornamen Tari Bedoyo.


Selain itu ada potensi lain macam Manado Social Dance. Tari ini menjadi ilustrasi keindahan Wisata Bahari di Manado, khususnya dunia bawah air Bunaken.

"Pengunjung 'Hot Deals' Kepri ini sangat mengapresiasi culture performance yang disajikan. Sembari menggali berbagai informasi yang diberikan para pelaku industri pariwisata, mereka juga menikmati seni budaya itu," ujar Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Masruroh.

Nuansa Budaya Melayu

Meski demikian, nuansa budaya Melayu tetap ditonjolkan. 'Hot Deals' Kepri ini membuka acara dengan Tari dan Lagu Selayang Pandang. Kemeriahan juga berlanjut, sebab dompet paspor berlogo Wonderful Indonesia jadi souvenir yang menarik.


"Hot Deals ini memang dikemas sedemikian rupa agar menarik. Dan, upaya ini ternyata berhasil. Paviliun selalu ramai pengunjung dan sosialisasi berbagai informasi disampaikan lebih maksimal," ujarnya lagi.

Melihat respons besar pasar Singapura, acungan jempol diberikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

"Hot Deals Kepri ini sesuatu yang sangat menarik. Program ini selalu memberikan berbagai fasilitas dengan penawaran terbaik. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan wisatawan Singapura," tegasnya. (asa)