Sarung Berikat Pinggang, Gaya Khas Ma'ruf Amin

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 10/08/2018 11:12 WIB
Sarung Berikat Pinggang, Gaya Khas Ma'ruf Amin Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin menjadi cawapres Joko Widodo di Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ma'ruf Amin, sang sosok pendamping Joko Widodo sebagai calon wakil presiden dalam Pemilihan Presiden 2019 punya gaya yang menarik.

Berbeda dari gaya Jokowi yang tengah gemar pakai sneaker bak anak muda, Mar'uf Amin justru tampil sebaliknya. Sebagai sosok ulama dan senior, Ma'ruf tampil dengan gaya yang berwibawa dan Islami.

Dalam setiap penampilan publiknya, Ma'ruf yang merupakan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan juga Ketua Majelis Ulama Indonesia ini selalu tampil rapi.



Saat mendaftar ke KPU bersama Jokowi, Ma'ruf juga tampil bersarung. Kali ini pasangan capres-cawapres 2019 Jokowi dan Ma'ruf tak tampil 'kembar.' Mereka hanya sama-sama memakai busana dengan nuansa putih.

Jokowi mengenakan kemeja putih berslogan 'Bersih, Merakyat, Kerja Nyata' berlengan panjang, sedangkan Ma'ruf tetap tampil dengan gaya khasnya.

Ma'ruf memakai baju putih yang dipadu dengan jas putih, sarung songket berwarna hijau bermotif dan juga ikat pinggang cokelat. 

Ma'ruf AminFoto: CNN Indonesia
Ma'ruf Amin

Sarung yang dililit di pinggang dan ditambah dengan ikat pinggang untuk mengeratkan ikatannya. Di lehernya juga terlilit kain lebar putih yang dililit menyilang dan menutupi bagian leher dan bahunya.

Tak lupa peci selalu menempel di kepalanya.

Pria berusia 75 tahun ini selalu tampil dengan gaya khasnya. Sarung, ikat pinggang, jas, kain putih, dan peci pun seolah menjadi ciri sang ulama.

Jika sedang tak menggunakan jas, Ma'ruf Amin biasanya memakai baju koko atau kemeja. Namun sarung dan kain di lehernya tak pernah absen dalam penampilannya. (chs/vws)