6 Inspirasi Resep Kambing untuk Iduladha

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 22/08/2018 07:31 WIB
6 Inspirasi Resep Kambing untuk Iduladha ilustrasi tongseng kambing (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari Raya Iduladha hampir tiba. Untuk melengkapi perayaannya, sajian dari daging kurban bisa disajikan saat Iduladha.

Aneka daging kurban misalnya sapi dan kambing bisa diolah menjadi salah satu sajian yang nikmat untuk keluarga. Mungkin Anda tak pusing dan bingung jika harus mengolah daging sapi.

Daging-daging sapi dari kurban bisa diolah menjadi hidangan nikmat seperti rendang, sop, soto, sate, sampai empal.



Tapi bagaimana jika Anda harus mengolah daging kambing? Olahan apa yang enak dan tepat untuk daging kambing?

Berikut beberapa inspirasi mengolah daging kambing yang enak untuk Anda.

1. Twist Lamb Tagine
Sebenarnya hidangan ini dibuat dari daging domba, namun tak masalah jika diganti dengan daging kambing.

Hidangan lamb tagine ini sebenarnya makanan khas Maroko, namun sensasi rempahnya yang kuat, aroma panggangan yang sedap, dan twist dengan yogurt yang segar akan membuat lidah Anda bergoyang.

Resep twist lamb tagine

2. Kari Kambing Aceh
Sajian khas Aceh yang satu ini juga bisa jadi pengisi sajian di meja makan keluarga Anda. Gurihnya santan yang diolah dengan aneka tambahan bumbu rempah yang kaya bakal memuaskan nafsu makan Anda.

Irisan nanas di dalamnya akan menambah sensasi segar sajiannya.

Sama dengan jenis kari-kari lainnya, kari kambing juga memiliki tekstur kuah yang kental. Ada baiknya untuk bijak menyantap sajian ini.

Resep kari kambing


3. Tongseng
Tongseng kambing adalah salah satu teman setia daging tusuk bakar atau sate. Tongseng juga termasuk salah satu sajian paling umum dan paling nikmat dengan daging kambing.

Beberapa bagian kambing termasuk irisan daging sampai jeroan bisa diolah menjadi tongseng. Sajian ini termasuk lebih aman dan ringan dibanding gulai karena tidak mengandung santan di dalamnya.

Resep tongseng

4. Nasi Briyani
Daging kambing sebenarnya termasuk jenis protein yang mudah diolah menjadi banyak hidangan. Daging kambing juga termasuk mudah jika diolah dengan aneka bahan termasuk nasi.

Nasi briyani merupakan salah satu sajian olahan kambing yang populer di kalangan pecinta kambing. Hidangan asli dari India ini menggunakan beras basmati yang berbulir panjang.

Tambahan kaldu dan daging kambing di dalamnya akan membuat nasinya terasa lebih gurih dan sedap.

Resep Nasi Briyani

5. Gulai Kurma
Jangan dulu berpikir kalau gulai kurma dibuat dari campuran kurma di dalamnya. Gulai kurma sendiri merupakan hidangan gulai kambing.

Kombinasi santan dengan bumbu kari khas Asia dan rempah yang kental.

Resep Gulai Kurma


6. Gorengan kambing
Gorengan kambing adalah salah satu hidangan khas Betawi yang sudah mulai langka. Hidangan ini bukan seperti hidangan gorengan pada umumnya.

Gorengan kambing sebenarnya mirip dengan gulai kambing lengkap dengan santan dan juga aneka rempah lainnya.

hidangan ini justru memiliki kuah santan yang berwarna kemerahan karena penggunaan cabai merah di dalamnya. 

Dalam seporsi gorengan kambing, ada irisan daging yang ditambah dengan jeroan dan juga babat kambing. Semua bagian daging kambing ini dimasak jadi satu dengan tambahan berbagai bumbu rempah yang khas. 


(chs)