Urutan Penggunaan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/09/2018 09:20 WIB
Urutan Penggunaan Produk Perawatan Kulit yang Tepat Ilustrasi (REUTERS/Jose Luis Gonzalez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beredarnya aneka produk perawatan menawarkan solusi atas permasalahan kulit. Pemilihan produk harus sesuai dengan jenis kulit sehingga tak menimbulkan permasalahan baru.

Namun, di luar itu, ada persoalan lain yang tak kalah penting, yakni urutan pemakaian yang tepat.

Urutan pemakaian yang benar membuat kinerja produk lebih efektif dan tidak membuat kulit iritasi. Lalu, bagaimana urutan penggunaan produk perawatan kulit yang tepat?


Ahli kulit yang berbasis di London, Inggris, Sam Bunting memberikan penjelasan tentang urutan penggunaan produk perawatan kulit yang tepat.

1. Cleanser

Penting untuk memastikan kulit dalam keadaan bersih sebelum aplikasi produk. Cleanser menjadi langkah awal untuk membersihkan kulit. Bunting merekomendasikan cleanser yang mampu mengangkat make up, tabir surya, minyak, serta kotoran.


"Paling penting, cleanser tidak boleh menimbulkan masalah, misalnya tidak menutup pori dan tidak membuat kulit kering, terasa kencang," katanya dikutip dari The Independent.

2. Toner

Banyak orang melewatkan langkah ini. Padahal, toner mampu membersihkan residu seperti minyak dan sisa make up. 

Toner
merupakan cairan berbasis air yang mengandung bahan-bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah kulit. Pada prinsipnya, toner sebaiknya digunakan setelah penggunaan cleanser.

3. Serum dan krim noda hitam

Setelah toner, saatnya beranjak kepada serum dan krim noda hitam sebagai langkah berikutnya. Bunting mengatakan, kedua produk tersebut bisa dikategorikan sebagai bahan aktif.

"Ini menargetkan noda hitam, mengandung salicylic acid. Selain itu, ini juga bisa berarti bahan antipenuaan seperti retinol dalam bentuk serum, yang mana akan berguna jika diaplikasikan ke seluruh wajah," ujarnya.

Penting untuk memilih produk serum yang sesuai dengan jenis kulit. Idealnya, serum atau krim noda hitam harus diaplikasikan pada kulit yang sudah dibersihkan.


4. Krim mata

Bagi sebagian orang, investasi untuk kesehatan mata adalah penting. Lingkaran hitam kerap mengganggu penampilan dan membuat wajah tampak lelah.

Krim mata dipilih lantaran produk didesain khusus untuk area mata yang sensitif dan cepat menyerap.

Jika Anda menggunakan serum sebelumnya, Bunting menyarankan untuk memilih produk serum yang bermanfaat bagi area mata seperti yang mengandung vitamin C.

5. Pelembap dan minyak wajah

Langkah berikutnya ialah penggunaan moisturizer alias pelembap dan minyak wajah. Keduanya berfungsi untuk mengunci kandungan air. Aplikasikan dengan gerakan ke atas dan ke bawah pada kulit.

Minyak wajah memiliki fungsi serupa, tetapi produk ini bisa memicu masalah, apalagi untuk mereka yang memiliki tipe kulit berminyak.

6. Tabir surya

Terakhir, gunakan tabir surya untuk menangkal efek buruk sinar UV.

"Ini tidak bisa ditawar jika Anda peduli dengan pencegahan penuaan, dan ini sebaiknya diaplikasikan pada seluruh wajah," kata Bunting.

Kendati demikian, Bunting menyebut Anda tak perlu benar-benar mengikuti penggunaan semua produk. Namun, setidaknya gunakan produk perawatan kulit dengan urutan yang tepat. (els)


BACA JUGA