Bulgaria, Destinasi Musim Dingin Murah di Eropa

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/10/2018 09:56 WIB
Bulgaria, Destinasi Musim Dingin Murah di Eropa Kebun Bunga Mawar di Pevtsite, Bulgaria. (Foto: REUTERS/Stoyan Nenov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjelang akhir tahun destinasi wisata bersalju mulai dilirik untuk liburan musim dingin. Namun biaya tinggi kerap menjadi penghalang kesempatan menggeluti olahraga ski yang tak mungkin ditemui di Indonesia.

Sejumlah negara seperti Swiss, Alaska dan Prancis yang kerap dijadikan tujuan berwisata salju dianggap mahal bagi kebanyakan orang.

Dan seolah menjawab perkara tersebut, sejumlah destinasi ski murah mulai bermunculan di penjuru dunia, khususnya di Eropa.


Mengutip Lonely Planet pada Jumat (19/10), sebuah laporan dari Post Office Travel Money mengungkapkan sejumlah destinasi wisata ski yang jauh dari kata mahal.

Setelah menengok ragam destinasi ski populer di Eropa dan menganalisa biaya wisata yang harus dikeluarkan, Post Office Travel Money menobatkan Bansko, Bulgaria sebagai resor ski termurah di Eropa.

Dengan jalur ski dari ketinggian 900 meter hingga 2.600 meter, kegiatan ski di Bansko dibanderol mulai dari harga Rp8 juta per orang.

"Tak bisa dipungkiri Bulgaria memang destinasi yang tepat bagi penikmat ski yang ingin hemat biaya. Selain lebih hemat 10 persen biaya dibanding resor ski lain, Bansko juga ideal bagi pengunjung yang masih awam hingga sudah professional dalam ski," ungkap Andrew Brown dari Post Office Travel Money.

Selain Bulgaria, Italia juga bisa menjadi pilihan jika ingin menikmati ski tanpa harus menguras kantong.

Setidaknya empat resor ski di Italia menempati 10 besar peringkat resor ski termurah di Eropa.

Resor Bardonecchia di Piedmont berada di peringkat ke-2, yang kemudian disusul oleh Kranjska Gora, Slovenia di posisi ke-3.

Dan melengkapi posisi 10 besar, ada Resor Sestriere dan La Thuile, Vemdalen di Swedia, Rauris dan Ellmau di Austria.

Penelitian dilakukan berdasarkan ragam faktor, mulai dari biaya ski selama enam hari, sewa alat, kursus atau pelatihan, biaya makan hingga tambahan lain seperti kopi, bir dan wine.

(fey/ard)