James McAvoy Hampir Tertipu Situs Hotel Palsu

CNN Indonesia | Senin, 05/11/2018 20:30 WIB
James McAvoy Hampir Tertipu Situs Hotel Palsu Aktor James McAvoy. (Foto: AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Matthew Eisman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penipuan situs palsu hotel berbintang, mendadak ramai diperbincangkan. Hal ini merupakan kedok penipuan dalam sektor wisata di era digital.

Seorang aktor asal Skotlandia, James McAvoy, pun hampir menjadi korban.

Seperti yang dikutip dari Travel and Leisure, aktor papan atas yang memainkan peran utama di film Split ini, mengunggah sebuah video yang menceritakan kisah insiden tersebut melalui akun Instagram.



Melalui video tersebut, McAvoy mengungkapkan bahwa kala itu ia mencoba memesan akomodasi di Ritz Carlton, Abama, di Spanyol melalui sebuah situs ritzabamatenerife.com.

Dengan tampilan situs yang menjanjikan, aktor berusia 39 tahun tersebut hampir kehilangan 10 ribu euro atau sekitar Rp170 juta.

"Mereka hampir saja merampas sepuluh ribu dolar dari saya. Saya berhubungan melalui email dengan pria bernama Joaquin, dan saya hampir melakukan transfer bank. Yang mereka lakukan benar-benar meyakinkan," ujarnya.

Pembayaran melalui transfer bank dipilih McAvoy berkat iming-iming diskon sepuluh persen.


Selain itu, transaksi dengan transfer bank dianggap lebih aman ketimbang kartu kredit.

Untungnya, sebelum transaksi ia sempat memeriksa kembali harga penginapan yang ia pilih ke agen wisata lain.

"Setelah saya cek ke agen wisata lain, ternyata harga penginapannya hanya sepuluh persen dari harga yang tertera di website palsu tersebut. Tentu saya tidak jadi berlibur ke sana," tuturnya.

McAvoy mengaku tampilan situs palsu tersebut terlihat lebih meyakinkan dibanding situs resmi Ritz-Carlton.

Penipuan situs hotel palsu memang menjadi salah satu upaya penipuan yang ramai 'beraksi' di dunia maya.

(fey/agr)