Kondisi yang Membuat Pesawat 'Delay'

CNN Indonesia | Rabu, 07/11/2018 19:11 WIB
Kondisi yang Membuat Pesawat 'Delay' Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah hal yang paling dihindari oleh setiap penumpang pesawat adalah tertundanya keberangkatan pesawat alias delay

Meski sudah ada peraturan yang melindungi penumpang terkait keterlambatan penerbangan, namun berangkat dan tiba tepat waktu rasanya jauh lebih menyenangkan.

Mengutip Cruisin Altitude, selain faktor burunya cuaca berikut adalah beberapa penyebab tertundanya keberangkatan pesawat:


1. Menanti penumpang yang transit

Setiap maskapai pasti ingin memberikan yang terbaik bagi para penumpangnya, salah satu yang kerap dilakukannya enggan meninggalkan mereka yang belum hadir, khususnya penumpang yang transit.

2. Menanti barang dari penumpang yang transit

Terkadang masalah datang bukan dari penumpang yang transit, namun barang bawaannya.

Penyebabnya pun bisa beragam, tidak selalu datang dari maskapai yang akan terbang melainkan pesawat pertama yang membawa penumpang transit.

3. Menanti kedatangan kargo

Tak bisa dipungkiri kargo adalah sebuah industri yang ceruknya besar, namun sayangnya tidak jarang jadwal kedatangan kargo tidak sesuai hal inilah yang membuat pesawat terlambat.

4. Menanti kargo diturunkan

Layaknya menanti kedatangan kargo, menanti tumpukan bawaan itu diturunkan pun menjadi salah satu penyebab pesawat terlambat. Faktor teknis adalah alasan terbesarnya.

5. Menanti barang bawaan dari penumpang

Salah satu 'dosa besar' penumpang yang membawa barang bawaan banyak adalah menyebabkan keterlambatan pesawat.

Walau si penumpang sudah duduk tenang di dalam pesawat, namun jika barang belum tertara maka pesawat tetap tidak bisa berangkat.

6. Pemeriksaan mesin sampai kabin

Sebelum dan setelah pesawat diterbangkan, kondisi mesin dan kabin merupakan faktor utama yang diperiksa oleh petugas lapangan.

Pilot pun akan mengecek hal ini. Jika ada yang dirasa bermasalah, maka bukan tak mungkin penerbangan jadi terlambat untuk pengecekan ulang atau mengganti pesawat.

Mengingat sangat menyeramkannya kecelakaan dalam penerbangan, ada baiknya untuk tidak langsung cemberut jika penerbangan tertunda karena alasan ini.

(agr/ard)